Pelaksanaan penjualan langsung berjenjang Syariah umrah/haji plus PT. Arminareka perdana cabang Surabaya: prespektif fatwa DSN-MUI no: 75/DSN-MUI/VD/2009 tentang penjualan langsung berjenjang syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, Nurman (2012) Pelaksanaan penjualan langsung berjenjang Syariah umrah/haji plus PT. Arminareka perdana cabang Surabaya: prespektif fatwa DSN-MUI no: 75/DSN-MUI/VD/2009 tentang penjualan langsung berjenjang syariah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurman Najib_C02207070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana praktek Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) pada PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya dan bagaimana pelaksanaan fatwa DSN-MUI No: 75/DSNIMUI/VII/2009 pada Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) pada PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya? Jenis penelitian skripsi ini adalah field research atau penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya berupa deskriptif-verifikatif, dengan menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan Pelaksanaan penjualan langsung berjenjang syariah (PLBS) di PT. Arminareka Perdana Cabang Surabaya adalah penjualan produk jasa petjalanan umrah/haji plus menggunakan sistem Penjualan Langsung Berjenjang Syariah yaitu: penyampaikan informasi tentang produk kepada konsumen, konsumen boleh membeli produk saja dengan akad jual-beli (bai') atau sekaligus menjadi anggota (sebagai mitra usaha) akad ju'alih dari perusahaan dan berhak menjual produk, merekrut anggota baru dan berhak mendapat komisilbonus dari penjualan produk dengan akad wakilah bil ujrih mengikuti program jalinan silaturahim. Sistem Penjualan Langsung Berjenjang Syariah yang dipraktekan oleh PT. Arminareka Perdana cabang Surabaya tidak bertentangan dengan ketentuan dalam fatwa DSN-MUI No: 75/DSN-MUINII/2009. Ini terlihat bahwa dalam akad yang digunakan akad yaitu: jual-beli (bai'}, jua'alih, ijirah dan wakilah bil ujrih, dan produk yang dijual adalah riil berupa jasa layanan umrah/haji plus, pembagian bonus yang diberikan berdasarkan basil ketja para member, tidak ada eksploitasi secara sepihak, perekrutan anggota baru dimaksudkan untuk memperluas jaringa, dan anggota yang telah merekrut anggota baru maka harus memberikan training berkaitan dengan sistem kerja di PT. Arminareka Perdana cabang Surabaya. Disarankan kepada pemegang otoritas PT. Arminareka Perdana pusat, cabanglperwakilan dan agen yang terlibat dalam distribusi produk agar selalu berbenah diri dalam meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan anggota jangan sampai niat suci ibadah umrah dan haji masyarakat temodai dengan orientasi keuntungan perusahaan semata. Serta bagi masyarakat yang bemiat bergabung dalam penjualan langsung Berjenjang Syariah harus lebih selektif dengan acuan fatwa yang telah dikeluarkan oleh MUI untuk membedakan PLBS yang sesusai dengan syari'ah atau hanya berkedok syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, NurmanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Haji
Uncontrolled Keywords: Penjualan langsung; umrah/haji plus
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 05:06
Last Modified: 27 Aug 2018 05:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27869

Actions (login required)

View Item View Item