Pengaruh manajemen waktu siswa dan sosialisasi antar siswa terhadap hasil belajar Matematika di MTs Darul Ma'arif Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prawita, Rizka Yudhia (2018) Pengaruh manajemen waktu siswa dan sosialisasi antar siswa terhadap hasil belajar Matematika di MTs Darul Ma'arif Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rizka Yudhia Prawita_D74212086.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam menempuh pendidikan siswa dituntut untuk bisa memanajemen waktu dengan sebaik mungkin agar pengelolaan waktu bisa berjalan dengan efisien. Manajemen waktu merupakan salah satu pendekatan yang penting dalam pencapaian hasil belajar, karena dengan melakukan manajemen waktu tersebut dapat mengontrol diri terhadap kekurangan-kekurangan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui adanya pengaruh manajemen waktu tehadap hasil belajar matematika di MTs Darul Ma’arif Mojokerto, (2) untuk mengetahui pengaruh sosialisasi siswa terhadap hasil belajar matematika di MTs Darul Ma’arif Mojokerto, (3) untuk mengetahui pengaruh antara manajemen waktu siswa dan sosialisasi antar siswa terhadap hasil belajar matematika di MTs Darul Ma’arif Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Batasan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dilihat dari segi kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX MTs Darul Ma’arif Mojokerto. Dalam instrumen penelitian ini untuk mendapatkan data skor manajemen waktu siswa, sosialisasi antar siswa terhadap hasil belajar matematika, digunakan lembar angket, lembar observasi dan dokumentasi nilai matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis diskriptif persentase, persentase skor angket manajemen waktu siswa, persentase skor lembar observasi siswa, dan persentase hasil belajar matematika.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil dalam penelitian ini yaitu: pertama, bahwa hasil dalam penelitian di MTs Darul Ma’arif Mojokerto menunjukkan kategori manajemen waktu siswa yang sesuai dengan kategori hasil belajar matematika sebanyak 39% dan sisanya tidak sesuai, dengan kata lain manajemen waktu siswa tidak mesti sama dengan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Kedua, hasil dalam penelitian di MTs Darul Ma’arif Mojokerto menunjukkan kategori sosialisasi antar siswa yang sesuai dengan kategori hasil belajar matematika sebanyak 45% dan sisanya tidak sesuai, dengan kata lain sosialisasi antar siswa tidak mesti sama dengan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Ketiga, hasil dalam penelitian di MTs Darul Ma’arif Mojokerto menunjukkan kategori manajemen waktu siswa dan sosialisasi antar siswa yang sesuai dengan kategori hasil belajar matematika sebanyak 29% dan sisanya tidak sesuai, dengan kata lain manajemen waktu siswa dan sosialisasi antar siswa tidak mesti sama dengan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prawita, Rizka Yudhiariescamarco@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Manajemen Kelas
Keywords: Manajemen waktu siswa; sosialisasi antar siswa; hasil belajar matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Prawita Rizka Yudhia
Date Deposited: 27 Aug 2018 06:14
Last Modified: 27 Aug 2018 06:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27859

Actions (login required)

View Item View Item