Tinjauan hukum Islam terhadap dana titipan tax amnesty pada Bank Syariah Mandiri area Surabaya Jemur Handayani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prastiwi, Desita Dini (2018) Tinjauan hukum Islam terhadap dana titipan tax amnesty pada Bank Syariah Mandiri area Surabaya Jemur Handayani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Desita Dini Prastiwi_C72214069.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan (field research) tentang penitipan dana Tax Amnesty, yang bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana pengelolaan dana titipan Tax Amnesty pada Bank Syariah Mandiri Area Surabaya Jemur Handayani dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap dana titipan Tax Amnesty pada Bank Syariah Mandiri Area Surabaya Jemur Handayani. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara (interview), kemudian data tersebut diolah serta dianalisis menggunakan teknik deskriptif dalam menyajikan data tentang dana titipan Tax Amnesty pada Bank Syariah Mandiri Area Surabaya Jemur Handayani. Hasil analisis kemudian disajikan dengan mengungkap kenyataan dari hasil penelitian tentang analisis hukum Islam terhadap dana titipan Tax Amnesty pada Bank Syariah Mandiri Area Surabaya Jemur Handayani. Dari hasil penelitian ini, dapat dinyatakan bahwa transaksi penitipan dana Tax Amnesty pada Bank Syariah Mandiri Area Surabaya Jemur Handayani hampir sama dengan transaksi wadi’ah, karena telah memenuhi rukun akad wadi’ah yakni Menteri Keuangan sebagai muwwadi’, Bank Syariah Mandiri Area Surabaya Jemur Handayani sebagai wadi’, dana setoran Tax Amnesty sebagai wadi’ah dan sighat yang melibatkan Menteri Keuangan dan Bank Syariah Mandiri yang telah ditetapkan sebagai aturan. Apabila ditinjau dari segi prinsip, karakteristik, sifat, serta hal yang bisa memberhentikannya pun memiliki kesamaan dengan akad wadi’ah. Sedang dalam praktiknya, akad penitipan dana Tax Amnesty pada Bank Syariah Mandiri Area Surabaya Jemur Handayani telah sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga dapat disimpulkan bahwa transaksi ini adalah sah menurut Hukum Islam. Sehubungan dengan hasil dari penelitian ini, penulis memberikan saran kepada masyarakat, khususnya pemerintah agar hendaknya apabila ada kebijakan serupa dikemudian hari, untuk bisa mengembangkan program pengelolaan dananya. Sehingga dapat menjadi lebih bermanfaat bukan hanya di sektor perbankan dan manager investasi saja. Akan tetapi berdampak baik pula untuk sector lainnya, dengan tetap memperhatikan nilai-nilai keadilan didalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prastiwi, Desita Dinidesitadini.anime@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Hukum Islam
Keywords: Hukum Islam; dana titipan; tax amnesty; Bank Syariah Mandiri
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Prastiwi Desita Dini
Date Deposited: 27 Aug 2018 06:36
Last Modified: 27 Aug 2018 06:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27853

Actions (login required)

View Item View Item