Studi komparasi tentang tindak pidana kekerasan secara massal yang mengakibatkan kematian dalam pasal 170 ayat (2) bis ke 3 KUHP menurut fiqh jinayah dan kriminologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indramawan, Indramawan (2012) Studi komparasi tentang tindak pidana kekerasan secara massal yang mengakibatkan kematian dalam pasal 170 ayat (2) bis ke 3 KUHP menurut fiqh jinayah dan kriminologi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indramawan_C03206015.pdf

Download (913kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian literatur. Penelitian ini guna menjawab pertanyaan tentang bagaimana tinjauan fiqh jinayah dan kriminologi tentang kekerasan secara massal yang mengakibatkan kematian serta bagaimanakah persamaan dan perbedaan diantara keduanya (fiqh jinayah dan kriminologi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode pendekatan yuridis nonnatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumenter. Peneliti menggali data melalui Undang-undang, Al-Qur'an atau Al-Hadist dan buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan mengenai tindak pidana kekerasan secara massal, penelitian ini menggunakan pola pikir komparatif yaitu membandingkan tindak pidana kekerasan secara massal antara fiqihjinayah dan kriminologi. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwasanya, 1) kekerasan menurut hukum pidana Islam merupakan perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama, baik melalui kesepakatan atau kebetulan, menghasut, menyuruh orang lain, memberi bantuan atau keluasan dengan berbagai bentuk. Sedangkan kekerasan menurut kriminologi menunjuk kepada setiap perpektif yang membahas ihwal pengendalian tingkah laku manusia, yang mana membahas kejahatan dikaitkan dengan variabel­ variabel yang bersifat sosiologis antara lain keluarga, pendidikan, kelompok dominan. 2) Persamaan dari hukum pidana Islam dan kriminologi mengenai kekerasan massal terletak pada kejahatan, yaitu perbuatan/tingkah laku yang diancam pidana Sedangkan perbedaannya terletak pada objeknya. Sejalan dengan kesimpulan, maka peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas permasalahan tentang kekerasan secara massal yang mengakibatkan hancurnya barang orang lain ataupun mengakibatkan luka pada orang lain, terlebih lagi sampai mengakibatkan kematian. Dan kepada para praktisi huk:um di Indonesia khususnyapara penegak huk:um agar lebih tegas dan adil dalam menindaklanjuti perbuatan tindak pidana dan memberikan huk:uman yang setimpal khususnya bagi para pelaku tindak pidana kekerasan yang dilakukan secara massal yang mengakibatkan kematian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indramawan, IndramawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Jinayah
Hukum > Hukum Pidana
Kekerasan
Kriminologi
Keywords: Tindak pidana; kekerasan secara massal; kematian; fiqh jinayah; kriminologi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:10
Last Modified: 23 Aug 2018 04:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27845

Actions (login required)

View Item View Item