Penigkatan keterampilan menulis ringkasan teks cerita anak melalui strategi catatan jendela pada siswa di kelas IV A SDN Banjarbendo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakiky, Ade Bella (2018) Penigkatan keterampilan menulis ringkasan teks cerita anak melalui strategi catatan jendela pada siswa di kelas IV A SDN Banjarbendo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ade Bella Hakiky_D77214054.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pengamatan di kelas IV A SDN Banjarbendo yakni kegiatan menuangkan pendapat melalui tulisan atau pada keterampilan menulis yang hampir mendominasi pembelajaran. Serta berdasarkan hasil kegiatan prasiklus setelah mengamati proses kegiatan menulis ringkasan teks cerita anak hanya beberapa baris kalimat saja, yakni prosentase ketuntasan siswa dalam satu kelas hanya mencapai 43,33% dari 30 siswa. Diterapkanya strategi yang kurang tepat terlihat juga menjadi kendala kurang tercapainya tujuan pembelajaran dalam menulis ringkasan teks cerita anak di kelas IV A ini. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan menulis ringkasan teks cerita siswa kelas IV A. Penerapan strategi catatan jendela dipilih menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan strategi catatan jendela dalam meningkatkan keterampilan menulis ringkasan teks cerita di kelas IV A SDN Banjarbendo Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas IV A SDN Banjarbendo Sidoarjo setelah diterapkanya model strategi catatan jendela pada kompetensi keterampilan menulis ringkasan teks cerita. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN Banjarbendo Sidoarjo yang terdiri dari 30 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan strategi catatan jendela. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, penilaian produk, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi catatan jendela sudah diterapkan sesuai perencanaan. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 75 (baik) menjadi 88,33 (sangat baik) pada siklus II. Dibuktikan juga dengan peningkatan hasil aktivitas siswa dari perolehan skor 78,94 (baik) pada siklus I menjadi 91,22 (sangat baik) pada siklus II. (2) Peningkatan keterampilan menulis ringkasan teks cerita melalui strategi catatan jendela mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus sebesar 63,5 (cukup) dengan persentase ketuntasan belajar 43,33% (sangat kurang), berubah menjadi 70,17 (baik) dengan persentase ketuntasan belajar 63,33% (cukup) pada siklus I, dan menjadi 80,5 (baik) dengan persentase ketuntasan belajar 93,33% (sangat baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakiky, Ade Bellabellahakiky@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis; strategi catatan jendela
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hakiky Ade Bella
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:20
Last Modified: 23 Aug 2018 09:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27835

Actions (login required)

View Item View Item