Analisis hukum Islam terhadap praktik pemesanan makanan melalui jasa online go-food pada aplikasi go-jek di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mohammad, Nuruddin (2018) Analisis hukum Islam terhadap praktik pemesanan makanan melalui jasa online go-food pada aplikasi go-jek di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mohammad Nuruddin_C02213042.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan, 1) Bagaimana praktik pemesanan makanan melalui jasa Go-Food pada aplikasi Go-Jek di Surabaya? 2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik Pemesanan Makanan melalui Jasa Go-Food pada Aplikasi Go-Jek di Surabaya? Jenis Penelitian adalah penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan kondisi, situasi, atau fenomena tentang data yang diperoleh, yaitu tentang praktik pemesanan makanan melalui jasa Go-food pada aplikasi Go-Jek di kota Surabaya. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir deduktif, yakni dengan menjelaskan terlebih dahulu tentang berbagai hal mengenai teori ijarah, wakalah dan teori jual beli. Setelah menjelaskan tentang teori-teori tersebut akan dihubungkan dengan kenyataan-kenyataan yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, penerapan sistem pemesanan makanan melalui Go-Food pada aplikasi Go-Jek dari rukun dan syaratnya yang menggunakan akad ijarah ini sepenuhnya telah sesuai dan sah menurut syariat Islam. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran kepada pihak pengembangan aplikasi Go-Jek, khususnya pada layanan jasa Go-Food untuk memberikan batas waktu pelanggan bisa melakukan canceling (pembatalan) dengan sebab tertentu, tepatnya sebelum pihak driver menyelesaikan pembelian pesanan makanan pelanggan di warung/restoran yang dituju, hal ini untuk mengurangi kerugian yang akan ditanggung oleh driver.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mohammad, Nuruddinnowroaddieand@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Layanan
Keywords: Akad jual beli; perubahan harga; hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nuruddin Muhammad
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:02
Last Modified: 21 Aug 2018 07:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27829

Actions (login required)

View Item View Item