Konstruksi wacana fundamentalisme Islam di media sosial: analisis relasi wacana dan kuasa Michel Foucault

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyid, Harun (2018) Konstruksi wacana fundamentalisme Islam di media sosial: analisis relasi wacana dan kuasa Michel Foucault. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampe Surabaya.

[img]
Preview
Text
Harun Rosyid_E71211032.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk meneliti tentang bagaimana bentuk wacana keislaman yang dikonstruksi oleh kelompok Islam fundamentalis di sosial media. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan secara deskriptif, yakni menggambarkan tentang bagaimana akun instagram kelompok Islam Fundamentalis membentuk wacana keislaman melalui instagram. Wacana fundamentalisme Islam sesungguhnya bukan hal yang baru, bahkan kini telah menjadi salah satu fenomena yang paling ramai dibicarakan. Kajian ini membahas wacana fundamentalisme Islam di media sosial yang salah satu misinya memasarkan ide formalisasi syari’at Islam di Indonesia dengan melalui media sosial dan menggunakan perspektif relasi wacana dan kuasa Foucault untuk membedah masalah ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan selama proses penelitian ini adalah dengan teknik observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui dan disimpulkan bahwa Melalui sosial media, wacana fundamentalisme Islam seperti ajakan menghindari Bid’ah, kampanye menerapkan syariat Islam atau Negara Islam, wacana Khilafah Islam yang mengusung “anti demokrasi”, serta kampanye untuk meminggirkan peran perempuan di ranah publik, diproduksi oleh kelompok fundamentalis Islam melalui sosial media, karena media ini dinilai strategis dan efektif untuk mengkampanyekan wacana-wacana mereka sebagai sarana perjuangan ideologis. Kelompok Islam fundamentalis sangat jeli membaca cela, mereka melihat perubahan gaya hidup manusia modern yang setiap hari tidak bisa lepas dari gadget. Untuk itu mereka berusaha untuk menguasai dan mengkonstruksi wacana keislaman di dunia maya dengan pemahaman yang mereka yakini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyid, Harunharun.rosyidsky@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Media Massa
Keywords: Wacana; kuasa; fundamentalisme Islam; Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rosyid Harun
Date Deposited: 17 Dec 2018 06:14
Last Modified: 17 Dec 2018 06:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27816

Actions (login required)

View Item View Item