Peningkatan kemampuan menghafal surat pendek melalui strategi Practice Rehearsal Pairs (PRP) mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IV SD Kh Thohir Bakri Surabaya

Al-Ghozi, M. Chusen (2018) Peningkatan kemampuan menghafal surat pendek melalui strategi Practice Rehearsal Pairs (PRP) mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IV SD Kh Thohir Bakri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Chusen Al Ghozi_D07211041.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits di kelas IV SD KH Thohir Bakri Surabaya menunjukkan bahwa kemampuan menghafal surat al-Insyirah dalam kategori rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penelitian dari 18 siswa hanya 7 siswa yang mampu mencapai nilai KKM dalam menghafal surat al-Insyirah. Untuk meningkatkan kemampuan menghafal surat al-Insyirah, peneliti mengambil tindakan melalui strategi Practice-Rehearsal Pairs yang dilakukan dalam dua siklus.Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui penerapan kemampuan menghafal dengan strategi Practice-Rehearsal Pairs surat al-Insyirah pada mata pelajaran al-Qur’an hadits pada kelas IV SD KH Thohir Bakri Surabaya, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal surat al-Insyirah pada siswa kelas IV SD KH Thohir Bakri Surabaya dengan menggunakan strategi Practice-Rehearsal Pairs. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1. Perencanaan (Planning), 2. Tindakan (Acting), 3. Observasi (Observing), 4. Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD KH Thohir Bakri Surabaya dengan jumlah 20 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penilaian non tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) strategi Practice-Rehearsal Pairs pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits materi surat al-Insyirah kelas IV SD KH Thohir Bakri Surabaya dapat diterapkan dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan skor pada lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, yaitu 84 pada siklus I dan 96 dalam siklus II. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa terdapat peningkatan skor pada tiap siklusnya, yaitu 82 pada siklus I, dan 93 pada siklus II. 2) Kemampuan menghafal surat al-Insyirah kelas IV SD KH Thohir Bakri Surabaya setelah menggunakan strategi Practice-Rehearsal Pairs pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan prosentase kemampuan menghafal surat al-Insyirah siswa dalam kategori tinggi yaitu dari prasiklus 39% dengan nilai rata-rata 72, siklus I hanya 75% dengan nilai rata-rata 80,95,kemudian meningkat pada siklus II mencapai persentase 95% dengan nilai rata-rata 91,4.Sehingga terjadi peningkatan prosentase kemampuan menghafal dalam kategori tinggi dari pra siklus ke siklus II sebesar 56%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Munkaffa, Zumrotul
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menghafal; strategi Practice-Rehearsal Pairs materi surat al-Insyirah
Subjects: Pengajaran
Al Qur'an
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ghozi M. Chusen al
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:31
Last Modified: 21 Aug 2018 06:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27814

Actions (login required)

View Item View Item