Ketuhanan dalam perspektif Pancasila dan agama-agama di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lesmana, Desy Fajarwati (2018) Ketuhanan dalam perspektif Pancasila dan agama-agama di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Desy Fajarwati Lesmana_E02213007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam Skripsi ini, penulis membahas mengenai Keesaan Tuhan dalam perspektif Pancasila Dan Agama-agama di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memberi pegertian terhaadap setiap warga bahwa agama-agama di Indonesia ini memiliki keyakinan beragama terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Berangkat dari keresahan akan statement Egi Sujana mengenai agama selain Islam itu tidak sejalan dengan Pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian Library Research, yaitu penelitian yang menggunakan sumber penelitian menggunakan metode pengumpulan data pustaka, membaca, serta mencatat dan mengolah bahan peelitian untuk dijadikan bahan dalam penulisan penelitian ini. Penulisan ini dilakukan untuk menemukan secara khusus realitas yang terjadi di masyarakat. Fokus penulisan ini adalah bagaiaman Keesaan Tuhan dalam perspektif Pancasila yang menjadi dasar Negara Indonesia. Dari penulisan ini, bahwa menurut penelitian atau dari beberapa pemaparan Masyarakat atau tokoh agama menyatakan bahwasannya Agama-agama di Indonesia (Islam, Kristen, Hindu dan Budha) memiliki keyakinan yang sama yakni menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Akan tetapi, dengan jalan yang berbeda-beda untuk menuju apa yang mereka yakini. Jadi, Keesaan Tuhan dalam perspektif Pancasila adalah bagaimana masyarakat dapat menggambarkan komitmen etis bangsa Indonesia untuk melakukan kehidupan publik-politik yang berlandasakan nilai-nilai moralitas serta budi pekerti yang luhur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lesmana, Desy Fajarwatidesiifajarwles@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pancasila
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Agama; Pancasila; keyakinan; Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Lesmana Desy Fajarwati
Date Deposited: 31 Aug 2018 03:43
Last Modified: 31 Aug 2018 03:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27813

Actions (login required)

View Item View Item