Analisis hukum Islam dan hukum positif terhadap Perjanjian Iklan di Radio Suara Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ikbar, Alifia Nisa (2018) Analisis hukum Islam dan hukum positif terhadap Perjanjian Iklan di Radio Suara Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alifia Nisa Ikbar_C92214138.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan atau field reseach dengan objek penelitian adalah Radio Suara Akbar Surabaya , dengan judul "Analisis Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Perjanjian Iklan di Radio Suara Akbar Surabaya". Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang telah dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: Bagaimana mekanisme perjanjian iklan di Radio SAS FM Surabaya? Dan bagaimana analisis hukum Islam dan hukum positif terhadap perjanjian Iklan di Radio SAS FM Surabaya? Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka yang kemudian penulis melakukan analisis dengan teknik deskriptif dalam menjabarkan data tentang perjanjian iklan di Radio Suara Akbar Surabaya. Setelah itu data yang didapatkan dianalisis menggunakan pendekatan Hukum Islam dan Hukum Positif dengan teknik kualitatif dalam pola pikir deduktif yaitu dengan meletakan norma hukum Islam dan hukum positif sebagai rujukan dalam menilai fakta-fakta khusus dan implementasinya antara Radio Suara Akbar Surabaya dengan client. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Mekanisme perjanjian iklan di radio SAS FM Surabaya dengan pengiklan yakni Yayasan Dana Sosial Al Falah atau YDSF secara prosedur tidak ada masalah, namun secara praktik terdapat adanya wanprestasi atau ingkar janji yang dilakukan oleh radio SAS FM dengan sebab adanya kelalaian penyiar untuk memanage waktu sehingga iklan tersebut tidak dapat diputar sebagaimana kesepakatan yakni tepat pada time signal radio SAS FM Surabaya, selain itu adanya pemadaman listrik yang tidak menentu, serta terjadi rusaknya pemancar pada waktu yang tidak bisa diduga. Perjanjian Iklan radio SAS FM Surabaya menurut hukum Islam terdapat syarat-syarat yang tidak dipenuhi dan menyebabkan kerugian pada salah satu pihak yaitu pihak pengiklan YDSF yaitu tidak diputarnya iklan tepat pada time signal. Adapun menurut hukum positif juga menimbulkan kerugian kepada pihak yang melangsung iklan, sehingga pihak pengiklan dapat menuntut yang namanya ganti rugi baik berupa materi ataupun kerugian biaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ikbar, Alifia Nisaalifiasanis@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perjanjian
Keywords: Perjanjian Iklan; Radio Suara Akbar Surabaya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ikbar Alifia Nisa
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:59
Last Modified: 21 Aug 2018 07:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27812

Actions (login required)

View Item View Item