Peningkatan kemampuan membaca puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode modeling the way pada kelas III MI Muhammadiyah 13 Sendang Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilia, Rahma (2018) Peningkatan kemampuan membaca puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode modeling the way pada kelas III MI Muhammadiyah 13 Sendang Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rahma Aprilia_D07214016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana penerapan metode Modeling the Way untuk meningkatan keterampilan membaca puisi serta bagaimana peningkatan keterampilan membaca puisi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Sendang Lamongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode modeling the way dalam peningkatan keterampilan membaca puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia, Pada Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Sendang Lamongan dan untuk mengetahui bagaiamana peningkatan keterampilan membaca puisi pada mata pelajaran bahasa Indonesia, melalui metode modeling the way pada kelas III Muhammadiyah Sendang Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif, sehingga data dalam penelitian ini berupa hasil wawancara kepada guru dan siswa terkait keterampilan membaca puisi serta perbandingan hasil nilai siswa antara sebelum dan sesudah dilakukan penerapan metode pembelajaran dalam pembelajaran keterampilan membaca puisi Siswa Kelas III MI Muhammadiyah 13 Sendang Lamongan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Kemudian untuk memudahkan peneliti dalam analisis data kualitatif yang diperoleh, maka peneliti mengunakan pendekatan kuantitatif untuk mengiringi metode pembelajaran modeling the way. Adapun obyek penelitian ini adalah 29 siswa yang berasal dari kelas III MI Muhammadiyah 13 Sendang Lamongan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan metode modeling the way ini untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah ditetapkan dengan cara guru memodelkan cara membaca puisi, selanjutnya siswa maju dalam satu kelompok untuk menirukanya berdampak terhadap meningkatnya keterampilan membaca puisi dilihat dari aspek mimik, lafal dan intonasi, para siswa MI Muhammadiyah Sendang mengalami sebuah peningkatan dengan semula nilai rata-rata 73,34, akan tetapi dengan rata-rata yang diperoleh tersebut keberhasilan siswa belum mencapai target yang ditentukan. Selanjutnya pada tahap kedua keterampilan membaca puisi para murid naik menjadi 76,93, di sinilah keberhasilan siswa mencapai target. Sehingga dapat sismpulkan terjadi peningkatan kemampuan membaca puisi pada mata pelajaran bahasa indonesia melalui Metode Modeling The Way Pada Kelas III Mi Muhammadiyah 13 Sendang Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilia, RahmaA.fauzi707@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Indonesia
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Puisi
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca siswa; Bahasa Indonesia; metode modelling the way
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aprilia Rohma
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:44
Last Modified: 21 Aug 2018 03:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27809

Actions (login required)

View Item View Item