Analisis al-siyasah al-dusturiyah dan undang-undang nomor 25 tahun 2009 terhadap pelayanan publik oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukari, Dewi Miftakhul Jannah (2018) Analisis al-siyasah al-dusturiyah dan undang-undang nomor 25 tahun 2009 terhadap pelayanan publik oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
DEWI MIFTAKHUL JANNAH_C75214010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Al-Siya>sah Al-Dustu>ri>yah dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 terhadap Pelayanan Publik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo” ini adalah hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang: 1) Bagaimana pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo 2) Bagaimana tinjaun Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 terhadap Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo 3) Bagaimana tinjuan al-siya>sah al-dustu>ri>yah terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sidoarjo
Data penelitian dihimpun melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi yang diperoleh berkaitan dengan sistem pelayanan publik oleh pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis yaitu terlebih dahulu menyusun secara deskriptif kemudian menganalisisnya dengan teori hukum Islam, yaitu fiqh siya>sah (al-siya>sah al-dustu>ri>yah).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sidoarjo telah melayani dengan ramah dan sopan serta responsif, sehingga memberikan kesan pelayanan yang baik dan memuaskan. Selain itu, disediakan juga berbagai sistem paket yang memudahkan masyarakat dalam mengurus keperluannya secara kondusif. Dari fakta tersebut, bisa dikatakan bahwa pelayanan publik oleh pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tersebut terbilang sudah efektif; kedua, pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sidoarjo sesuai dengan pasal 4 Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 karena telah memenuhi kriteria pelayanan publik yang baik untuk mensejahterakan dan mampu mengayomi masyarakat dengan sepenuh hati dan semaksimal mungkin, ketiga; pelayanan publik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sidoarjo tersebut juga telah sesuai dengan al-siya>sah al-dustu>ri>yah karena sudah memenuhi SOP dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Hal ini ditunjang dengan adanya inovasi terhadap pelayanan publik bahkan mampu bekerja sama dengan Lembaga lain.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sidoarjo hendaknya meningkatkan kualitas pelayanannya, terutama dalam segi fasilitias pendukung pelayanan berupa sarana prasarana, misalnya adanya renovasi gedung dan tambahan kursi agar dapat melayani masyarakat lebih baik dan maksimal dari sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukari, Dewi Miftakhul Jannahdewiqmiftakhul27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Demokrasi Islam
Fikih > Fikih Siyasah
Hukum
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Demokrasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Jannah Dewi Miftakhul
Date Deposited: 06 Nov 2018 02:50
Last Modified: 06 Nov 2018 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27786

Actions (login required)

View Item View Item