Analisis kaidah fiqhiyah al yaqinu la yuzalu bi shakki terhadap larangan nikah bali utahi getih di Dusun Mojosari Desa Mojoagung Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zannah, Nur (2018) Analisis kaidah fiqhiyah al yaqinu la yuzalu bi shakki terhadap larangan nikah bali utahi getih di Dusun Mojosari Desa Mojoagung Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Zannah_C91214114.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tradisi larangan adat nikah bali utahi getih di Dusun Mojosari Desa Mojoagung Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung dan bagaimana tinjauan kaidah fiqhiyah Al Yaqīnu Lā Yuzālu Bi Shakki terhadap larangan nikah bali utahi getih di Dusun Moosari Desa Mojoagung Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumber data yang digunakan oleh peneliti adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah studi kepustakaan, wawancara dan obsevasi langsung kedaerah tempat penelitian. Teknik pengolahan data yang digunakan peneliti adalah editing dan organizing. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa larangan nikah bali tahi getih adalah pernikahan yang tidak boleh menikahi calon pasangan dari daerah asal ibu. Alasannya dikarenakan takutnya adanya hubungan sepersusuan. Dan kaidah fiqhiyah Alyaqīnu Lā Yuzālu Bi Shakki terhadap larangan nikah bali utahi getih tidak dibenarkan karena keyakinan tersebut berdasarkan perasangka-perasangka yang tidak bisa di buktikan kebenarannya.Saran untuk masyarakat didaerah tersebut lebih menerapkan hukum islam dan hadits dalam menyikapi segala sesuatu dan lebih memilah kepercayaan turun temurun mana yang bisa dibuat pegangan dan mana yang tidak bisa dijadikan pegangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zannah, Nurnajwajannah96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Nikah > Nikah Fasid
Keywords: kaidah fiqh; al yaqinu la yuzalu bi shakki; larangan nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Zannah Nur
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:57
Last Modified: 20 Aug 2018 04:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27774

Actions (login required)

View Item View Item