Kuasa Bajingan dalam politik desa: studi tentang dominasi Bajingan dalam stabilitas pemerintahan desa di Desa Nyabakan Barat Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep

Annuri, Riyan Hidayat (2018) Kuasa Bajingan dalam politik desa: studi tentang dominasi Bajingan dalam stabilitas pemerintahan desa di Desa Nyabakan Barat Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riyan Hidayat Annuri_E04213087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan, penelitian ini memunculkan dua rumusan masalah di antaranya: pertama, peran Bajingan di Desa Nyabakan Barat kecamatang Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Kedua, dominasi Bajingan dalam politik pemerintahan desa Nyabakan Barat Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan dominasi elit Bajingan dalam stabilitas pemerintahan desa Nyabakan Barat. Penelitian kualitatif ini menggunakan teori Peran dan konsep Hegemoni. Dominasi elit bajingan pada masyarakat terkait masalah keamanan di Desa Nyabakan Barat sangatlah dikhawatirkan bagi keberlangsungnya pemerintahan desa, elit Bajingan yang bermodal kekuasannya begitu mudah mendapatkan konsensus dengan pemimpin sosial lainnya yakni kepala desa serta dengan modal tersebut elit Bajingan mampu mengendalikan masalah keamanan desa, karena keamanan atas tindakan premanisme Bajingan hanya bisa diatasi oleh Bajingan itu sendiri. Temuan penulis terkait elit Bajingan melaksanakan peranannya pada masyarakat terkait masalah keamanaan di Desa Nyabakan Barat Kecamatan Batang-Batang Kabupaten sumenep yaitu elit Bajingan berperan sebagai koordinator penjaga keamanan dan stabilitas desa. Disini kepala desa nyabakaan barat melimpah tugaskan peranan pemeliharaan stabilitas desa dengan cara memberikan posisi penting seperti beberapa kepala dusun secara formal di posisikan kepada ketua bajingan. Sedangkan terkait elit Bajingan melakukan dominasi pada pemerintah desa dengan memaksakan kondisi keamanaan yang tidak maksimal. Ide tentang dominasi berhasil memperoleh kekuasaan sebagai kepala dusun melalui persetujuan kepala desa sebagai pemimpin tertinggi di desa Nyabakan barat. Dengan itu kepala desa yang sudah didominasi oleh sang hegemoni hanya mengarahkan pada kelompok bajingan yang dipimpinnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Bariroh, Laili
Uncontrolled Keywords: Peran; Dominasi; elit Bajingan; Stabilitas Pemerintahan Desa
Subjects: Politik
Pemilihan Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Annuri Riyan Hidayat
Date Deposited: 20 Aug 2018 04:45
Last Modified: 20 Aug 2018 04:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27768

Actions (login required)

View Item View Item