Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Berbasis Proyek dengan menggunakan Vlog (Video Blog)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasyim, Abdul Wahid (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika Berbasis Proyek dengan menggunakan Vlog (Video Blog). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Wahid Hasyim_D04211021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pergeseran paradigma pembelajaran yang terjadi dalam praktik pendidikan menuntut pengajar untuk mencari alternatif model atau metode pembelajaran yang baru demi memenuhi tuntutan kurikulum. Untuk itu dibutuhkan terobosan baru untuk memenuhi standart proses pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan peserta didik yang kreatif dan mandiri. Salah satu upaya untuk mengembangkan potensi tersebut dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan Vlog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas pengembangan perangkat pembelajaran, kepraktisan perangkat pembelajaran, mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran, mengetahui respon siswa dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek dengan Vlog. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan teori model pengembangan Plomp. Pengembangan Plomp terdiri dari lima fase. Namun dalam penelitian ini, peneliti membatasi penelitian ini hanya dilakukan sampai pada fase ke 4 yaitu fase tes, evaluasi dan revisi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKP. Uji coba dilakukan kepada 18 siswa kelas X SMA Nahdlatul Ulama 1 Bondowoso. Desain penelitian dalam uji coba terbatas pada penelitian ini menggunakan desain one-shot case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli terhadap perangkat pembelajaran, lembar obsevasi kemampuan guru dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan perangkat pembelajaran. Data penelitian dianalisis hingga diperoleh data sebagai berikut: kevalidan RPP berkategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,80. Kevalidan LKP dinyatakan valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,86. Masing-masing perangkat tersebut dinilai praktis oleh para ahli dengan memberikan penilaian “B”. Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dinyatakan efektif setelah mendapatkan nilai rata-rata 3,33. Respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan presentase nilai sebesar 71,9. Hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan persentase nilai sebesar 91 persen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasyim, Abdul Wahidwahidhasyim012@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Proyek; Vlog
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hasyim Abdul Wahid
Date Deposited: 20 Aug 2018 08:12
Last Modified: 20 Aug 2018 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27730

Actions (login required)

View Item View Item