Karakter pemimpin Bangkalan: studi tentang identifikasi kepemimpinan dan pemimpin ideal di masyarakat Socah Kabupaten Bangkalan

Amaliya, Ami (2018) Karakter pemimpin Bangkalan: studi tentang identifikasi kepemimpinan dan pemimpin ideal di masyarakat Socah Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ami Amalia_E74213126.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini difokuskan untuk menjawab dua masalah utama, yakni: Bagaimanakah kepemimpinan Makmun Ibnu Fuad atau Ra. Momon menurut pandangan masyarakat Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan dan Bagaimanakah kriteria pemimpin ideal dalam pandangan masyarakat Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan Makmun Ibnu Fuad atau Ra. Momon menurut pandangan masyarakat Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan dan Untuk mengetahui kriteria pemimpin ideal dalam pandangan masyarakat Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan terkait Karakteristik Pemimpin Bangkalan (Studi Tentang Identifikasi Kepemimpinan dan Pemimpin Ideal di Masyarakat Socah Kabupaten Bangkalan dengan menggunakan teori Kepemimpinan. Temuan penulis terkait Kepemimpinan Makmun Ibnu Fuad menurut pandangan masyarakat Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan dilihat dari jenis dan model kepemimpinan. Jenis kepemimpinan yang dilakukan adalah menganut jenis transformasional hal ini ditunjukkan dengan sikap setia para bawahannya menyangkut kepercayaan serta kinerja bawahannya yang semakin baik dilihat dari perbaikan sarana, pelayanan kesehatan yang semaikin maksimal serta pelayanan public yang transaparan. Sedangkan model kepemimpinan yang dilakukan oleh Makmun Ibnu Fuad masuk beberapa kategori yaitu: model demokrasi, dilihat dari pendidikan, dimana mereka tidak otoriter atau memaksakan kehendak untuk membuat keputusan sekolah full seharian, model otokratik, dalam hal ini bisa dilihat dari proses penyusunan anggaran dan program kinerja Kabupaten Bangkalan, model Paternalistik, mengingat bahwa Makmun Ibnu Fuad adalah salah satu keluarga trah ulama besar di Kabupaten Bangkalan maka secara turun temurun tetap dimilikinya. Pemimpin ideal dalam pandangan masyarakat Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan, dapat diambil kesimpulan bahwa masyarakat Socah berharap adanya pemimpin yang mempunyai integritas yang tinggi, dapat mensejahterakan rakyat, memberikan pelayanan publik yang lebih baik (sarana prasarana, kesehatan, dan pendidikan), serta mempunyai visi misi yang dapat membawa Kabupaten Bangkalan bersaing dengan Kabupaten lainnya di Jawa Timur. Selain itu, memiliki trah kyai dalam diri seorang pemimpin juga dianggap penting, melihat warga menghormati para kyai dan ulama yang telah berjuang dalam perkembangan Islam di Wilayah Bangkalan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik pemimpin ideal; masyarakat
Subjects: Masyarakat
Kepemimpinan
Creators:
CreatorsEmail
Amaliya, Amiamiamaliya249@gmail.com
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Amaliya Ami
Date Deposited: 20 Aug 2018 03:02
Last Modified: 20 Aug 2018 03:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27728

Actions (login required)

View Item View Item