Analisis hukum Islam terhadap pendapat Muhammad Syahrur tentang istri kedua dan seterusnya harus janda yang memiliki anak serta relevansiya bagi rencana perubahan KHI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdiansyah, Firman (2018) Analisis hukum Islam terhadap pendapat Muhammad Syahrur tentang istri kedua dan seterusnya harus janda yang memiliki anak serta relevansiya bagi rencana perubahan KHI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Firman Nurdiansyah_C01213034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan bagaimana analisis hukum Islam terhadap pendapat Muhammad Syahrrur tentang syarat istri kedua dan seterusnya dan bagaimana relevansinya terhadap rencana perubahan KHI. Penelitian ini bersumber dari berbagai referensi (bahan hukum), maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deduktif, yakni pendekatan yang menggunakan logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan berdasarkan kesepakatn premis. Pendekatan ini digunakan untuk menganalisa relevansi teori hudud Muhammad Syahru>r saat diposisikan sebagai basis pembaharuan hukum perkawinan Islam di Indonesia. Setelah dianalisis secara deskriptif-kualitatif, yaitu data yang disajikan secara deskriptif dan dianalisis secara kualitatif (content analysis) dengan langkah-langkah, seperti: klasifikasi, sistematisasi dan analisis maka dapat ditemukan bahwa kolaborasi antara pendekatan linguistik dan aplikasi teori hudud, Muhammad Syahrur mencoba menarik jaring struktur teks dan realita sosial. Hingga pada akhirnya, ia melihat bahwa poligami merupakan sebuah solusi permasalahan sosial-kemanusiaan dengan syarat-syarat yang tidak relevan terhadap rencana perubahan hukum perkawinan Islam di Indonesia dan hal tersebut bertentangan dengan nilai-nilai fiqh kaidah maqasid syari’ah. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka diharapkan penelitian ini dapat digunakan oleh stakeholders sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pembaharuan hukum perkawinan Islam di Indonesia. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat memperkaya kajian filsafat hukum Islam yang lebih komprehnsif dan relevan pada masanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdiansyah, Firmanizzatutsani2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Ijtihad
Poligami
Uncontrolled Keywords: Muhammad Syahrur; istri kedua; janda
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nurdiansyah Firman
Date Deposited: 16 Aug 2018 08:56
Last Modified: 16 Aug 2018 08:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27724

Actions (login required)

View Item View Item