Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli sawah dengan sistem duwek urip di desa Wangunrejo kecamatan Turi kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmania, Diana Suci (2018) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli sawah dengan sistem duwek urip di desa Wangunrejo kecamatan Turi kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Diana Suci Rahmania_C92214143.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Sawah dengan Sistem Duwek Urip di Desa Wangunrejo Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan”, untuk menguraikan tema di atas, maka ada dua permasalahan yang perlu di bedah dalam praktik ini, yaitu bagaimana praktik jual beli sawah dengan sistem duwek urip di desa Wangunrejo kecamatan Turi kabupaten Lamongan dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli sawah dengan sistem duwek urip di desa Wangunrejo kecamatan Turi kabupaten Lamongan. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di desa Wangunrejo kecamatan Turi kabupaten Lamongan dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam hal ini adalah wawancara dan Observasi. Penelitihan ini menggunakan metode penelitihan kualitatif. Selanjutnya data yang berhasil di kumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif analisi dengan menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan jual beli dan untuk selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitihan menyimpulkan bahwa praktek jual beli sawah dengan sistem duwek urip di desa Wangunrejo kecamatan Turi kabupaten Lamongan, belum sesuai dengan yang ada dalam hukum Islam dimana pada praktiknya jual beli yang dilakukan oleh masyarakat desa Wangunrejo merupakan jual beli yang bersifat sementara pada kepemilikannya, dalam hukum Islam jual beli dengan akad duwek urip ini disebut dengan ba’i al wafa’ yakni adanya hak membeli kembali dengan persyaratan menebusnya dari bagian dari hutang. Padahal dalam hukum Islam sudah dijelaskan di dalam syarat dan rukun jual beli bahwa jual beli merupakan tukar-menukar secara mutlak sehingga jual beli sawah dengan sistem duwek urip ini dalam akadnya belum sesuai dengan hukum Islam oleh karena itu transaksi yang dilakukan tersebut tidak sah dan transaksi yang telah berlangsung tidak sesuai dengan hukum Islam.
Sejalan dengan hasil penelitian yang telah dipaparkan di atas, penulis dapat memberikan saran kepada masyarakat, agar untuk kedepannya masyarakat lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi apapun itu, apakah hal tersebut sudah sesuai dengan hukum Islam atau belum. Dan selanjutnya lebih baik akad dengan menggunakan sistem jual beli dengan sistem duwek urip ini lebih baik tidak dijalankan lagi, karena pada dasarnya akad ini pada prakteknya tidak sesuai dengan teori hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmania, Diana Sucidianasucir@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Keywords: Jual beli; Sistem duwek urip
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rohmania Diana Suci
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:15
Last Modified: 16 Aug 2018 02:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27692

Actions (login required)

View Item View Item