Hadis anjuran berbuat baik terhadap tetangga : Kajian al-Hadith dalam Musnad Imam Ahmad No. Indeks 6566 dengan Pendekatan Sosiologis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Lazima Mawaddatul (2018) Hadis anjuran berbuat baik terhadap tetangga : Kajian al-Hadith dalam Musnad Imam Ahmad No. Indeks 6566 dengan Pendekatan Sosiologis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lazimah Mawaddatul Khusna_E05214007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tetangga adalah penghuni yang tinggal di sekeliling rumah, sejak dari rumah pertama hingga rumah ke empat puluh. Ada juga ulama yang tidak memberi batas tertentu dan mengembalikannya kepada situasi dan kondisi setiap masyarakat. Tujuan penelitian iini adalah mengetahui kualitas dan ke-hujjah-an sanad dan matan, serta pemaknaan dan implikasi hadis tentang anjuran berbuat baik terhadapp tetangga dalam kitab Musnad Ahmad berdasarkan teori-teori ilmu hadis agar mencapai pemahaman yang komprehensif. Penulis menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penyajian secara deskriptif dan analitis. Penelitian ini menggunakan kitab Musnad Ahmad dan dibantu dengan kitab standar lainnya, penulis mengumpulkan data dengan metode takhrij, kemudian dianalisa dengan menggunakan beberapa langkah kritik sanad dan matan terhadap hadis yang diteliti dengan melakukan i’tibar agar mengetahui Shahid dan Mutabi serta mengumpulkan sanad dari jalur lain. Hasil dari penelitian ini bahwa hadis tersebut berstatus hadis H{asan li Ghairih karena terdapat salah satu perawi yang dinilai kualitas kedlabitannya kurang oleh para kritikus, yaitu Ibnu Lahi’ah. Akan tetapi karena adanya penguat dari hadis lain yakni melalui jalur Imam al-Tirmidhi, yang mana terdapat muttabi’ H{aywah yang dinilai oleh para kritikus sebagai perawi yang thiqqah. Sehingga menjadikan status hadis tersebut yang awalnya H{asan li Ghairih menjadi H}asan li Dhatihi dan sanadnya bersambung sampai pada Nabi. Hadis tersebut dapat dijadikan Hujjah. Kandungan hadis dalam kitab Musnad Imam Ahmad No. Indeks 6566 jika dihubungkan dengan sosiologis anjuran berbuat baik terhadap tetangga adalah hadis yang menegaskan akan pentingnya berbuat baik terhadap tetangga. Berbuat baik selain dianjurkan oleh agama dan Allah, memiliki efek positif bagi diri manusia itu sendiri terutama sisi kesehatan, dan telah di buktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan yaitu Dr. Larry Dossey dalam bukunya Meaning & Medicine (Bantam Books, 1991) mengatakan Efek positif dari berbuat kebaikan berdampak pada kesehatan karena dapat meningkatkan energi, mengurangi stres dan rasa sakit, rasa damai di hati, sistem cardiovascular juga jadi lebih sehat. Manfaat positifnya, seperti: (1) Membuat kita lebih ba`hagia dari sisi spiritual, berbuat baik adalah satu keharusan. Dari sisi biokimia, rasa bahagia yang kita rasakan ketika berbuat baik adalah disebabkan meningkatnya level dopamine di otak. (2) Hati lebih sehat karena kehangatan emosional yang timbul akan mendongkrak produksi hormon oxytocin di otak. Tekanan darah menjadi berkurang, itu sebabnya oxytocin disebut sebagai pelindung jantung. (3)Memperlambat penuaan karena oxytocin menurunkan level radikal bebas dan peradangan dalam sistem cardiovascular.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, Lazima Mawaddatultsaqif_aulady@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Hadis
Uncontrolled Keywords: berbuat baik terhadap tetangga, pendekatan sosiologis, Musnad Imam Ahmad.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Lazimah Mawaddatul Khusnah
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:49
Last Modified: 16 Aug 2018 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27691

Actions (login required)

View Item View Item