Analisis hukum Islam terhadap pemberian jumlah Mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan: studi kasus KUA Karangpilang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saidah, Nurul Lailatus (2018) Analisis hukum Islam terhadap pemberian jumlah Mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan: studi kasus KUA Karangpilang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurul Lailatus Saidah_C01214019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang motivasi calon pengantin di KUA karangpilang Surabaya yang melakukan pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan dan bagaimana mahar seperti tersebut diatur dalam Islam. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif dan penelitian lapangan, yang mana dalam bentuk lapangan yaitu dengan terjun langsung ke lapangan untuk menggali tentang praktek pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan yang dilakukan oleh para calon pengantin di KUA Karangpilang Surabaya, dan wawancara kepada calon pengantin di KUA Karangpilang Surabaya yang melakukan pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan.Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menyatakan bahwa pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu pernikahan yang dilakukan oleh pasangan pengantin di KUA Karangpilang Surabaya dilakukan karena mengandung nilai historis, kesan unik dan tren yang terjadi di masyarakat, dalam prespektif hukum Islam yaitu mengandung 2 implikasi hukum, mubah karena memang tidak ada larangan melakukan pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan dan makruh karena menyulitkan pihak calon suami.Saran dalam penelitian ini ditunjukan kepada 2 pihak. Pertama, para calon pengantin untuk lebih baik tidak melakukan pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan. Kedua, kepada pemerintah seharusnya mulai mengatur secara tertulis tentang peraturan melakukan pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan dalam pernikahan, untuk adanya kepastian hukum bagi masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saidah, Nurul Lailatuslely.assaidah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Maskawin
Uncontrolled Keywords: Jumlah mahar; pelaksanaan pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Saidah Nurul Lailatus
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:40
Last Modified: 16 Aug 2018 02:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27689

Actions (login required)

View Item View Item