Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli foto di kawasan makam Gus Dur Tebuireng Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholfiana, Sabila Rahma (2018) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli foto di kawasan makam Gus Dur Tebuireng Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sabila Rahma Kholfiana_C92214154.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Foto di Kawasan Makam Gus Dur Tebuireng Jombang”, merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: Bagaimana praktik jual beli foto di kawasan makam Gus Dur Tebuireng Jombang? Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap jual beli foto di kawasan makam Gus Dur Tebuireng Jombang? Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan Dokumentasi. Selanjutnya data disusun dan di analisis dengan menggunakan metode deskritf analitis yaitu menguraikan atau menganalisis data yang telah di dapatkan di lapangan terkait praktik jual beli di kawasan makam Gus Dur Tebuireng Jombang. Kemudian data tersebut di analisis menggunakan teori-teori hukum Islam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli foto di kawasan makam Gus Dur Tebuireng Jombang ini dilakukan para fotografer untuk mengabadikan peristiwa-peristiwa pada saat para peziarah berada di makam Gus Dur. Akan tetapi para fotografer melakukannya tanpa sepengetahuan peziarah, setelah itu foto tersebut di perjualbelikan dengan cara meminta peziarah untuk membelinya. Apabila dilihat menurut hukum islam dari rukun dan syarat jual beli hal yang dilakukan para fotografer termasuk dalam jual beli yang tidak sah karena syarat sahnya jual beli tidak terpenuhi yaitu adanya unsur paksaan, maka hal itu dapat mempengaruhi kerelaan pihak pembeli. Sehingga hak khiya>rnya menjadi hilang. Pada akhir penulisan skripsi ini penulis menyarankan agar para fotografer dalam melakukan pekerjaannya lebih baik mengedepankan etika serta sopan santun ketika memotret seseorang, meminta izin terlebih dahulsu agar sama-sama ridha antar kedua belah pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholfiana, Sabila Rahmasabilaana14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Keywords: Hukum Islam; jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Kholfiana Sabila Rahma
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:13
Last Modified: 16 Aug 2018 02:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27685

Actions (login required)

View Item View Item