Analisis hukum pidana Islam terhadap penjatuhan sanksi pidana terhadap pelaku pendistribusian VCD Bajakan tanpa izin pencipta dalam Putusan Nomor: 24/Pid.B/2017/Pn.Bla

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Siti Ainul (2018) Analisis hukum pidana Islam terhadap penjatuhan sanksi pidana terhadap pelaku pendistribusian VCD Bajakan tanpa izin pencipta dalam Putusan Nomor: 24/Pid.B/2017/Pn.Bla. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ainul Faizah_C03214014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana pertimbangan hukum hakim dalam dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap pelaku pendistribusian VCD bajakan tanpa izin pencipta dalam Putusan Nomor 24/Pid.B/2017/PN.Bla ? 2. Bagaimana Analisis Hukum Pidana Islam terhadap pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap pelaku mendistribusikan VCD bajakan tanpa izin pencipta dalam Putusan Nomor 24/Pid.B/2017/PN.Bla ?. Untuk menjawab rumusan masalah diatas, data yang dibutuhkan dalam skripsi ini berupa data primer yang berasal dari putusan Pengadilan Negeri Blora Nomor: 24/Pid.B/2017/PN.Bla dan data sekunder berupa bahan pustaka yang berhubungan dengan data dan informasi serta buku-buku literatur dan selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif analisis dengan pola deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana bersyarat selama (6) bulan ) dan pidana denda sejumlah Rp. Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan. berlandaskan dalam rumusan Pasal 113 Ayat 3 UU RI No. 28 Tahun 2014. Adapun unsur-unsur tindak pidana mendistribusikan VCD bajakan tersebut sebagai berikut : unsur setiap orang dan yang dengan tanpa hak dan / atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta Hakim menjatuhkan hukuman di bawah bersyarat karena hakim melihat dari segi hal yang memberatkan dan meringankan kemudian, Menurut tinjauan hukum pidana Islam, hukuman yang diberikan pada terdakwa adalah hukuman had yakni potong tangan karena unsur dan syarat dalam pencurian telah terpenuhi. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka kepada para penegak hukum terutama hakim sebagai wakil tuhan di bumi, alangkah lebih baiknya dalam mempertimbangkan suatu perkara diharapkan agar lebih kritis dan bijaksana sehingga hukuman yang diberikan kepada terdakwa benar-benar berdampak baik secara preventif, represif, maupun kuratif. Untuk pada masyarakat sebaiknya agar menanamkan pendidikan agama dengan baik sejak dini karena dengan pemahaman agama yang baik seseorang tidak akan mudah untuk melanggar sesuatu yang bukan haknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Siti Ainulainulfaizah28@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Pencurian
Keywords: Pendistribusian VCD Bajakan; Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Faizah Siti Ainul
Date Deposited: 16 Aug 2018 08:03
Last Modified: 16 Aug 2018 08:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27676

Actions (login required)

View Item View Item