Analisis Fiqih Muamalah terhadap praktik jasa titip beli online di akun instagram @storemurmersby

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Zurifah Diana (2018) Analisis Fiqih Muamalah terhadap praktik jasa titip beli online di akun instagram @storemurmersby. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zurifah Diana Sari_C02214027.pdf

Download (13MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ”Analisis Fiqih Muamalah Terhadap Praktik Jasa Titip Beli Online di Akun Instagram @storemurmersby” merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana praktik jasa titip beli online di akun instagram @storemurmersby dan Bagaimana analisis fiqih muamalah terhadap praktik jasa titip beli online di akun instagram @storemurmersby. Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field reserch) di akun Instagram @storemurmersby, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Data penulisan skripsi ini diperoleh melalui wawancara dengan pihak yang terlibat, yaitu penjual dan pembeli. Data kemudian dianalisis dengan metode deskriptif dengan pola pikir induktif. Analisis deskriptif dengan pola pikir induktif yaitu menggambarkan sesuatu hal dengan mengumpulkan data terkait tentang praktik jasa titip beli online di akun instagram @storemurmersby yang disertai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik jasa titip beli online di akun instagram @storemurmersby belum terlaksana dengan baik karena adanya ketentuan diluar kesepakatan awal yang dilakukan oleh pihak penjual secara sepihak ketika barang yang dipesan oleh pembeli tidak ada atau kehabisan stok maka uang atas jasanya tersebut tetap diambil sebagian. Yang menurut fiqih muamalah, praktik tersebut belum memenuhi salah satu syarat ija@rah maupun ketentuan ujrah yaitu saling meridhai, karena dalam praktiknya ada pihak yang merasa keberatan. Di dalam Islam dijelaskan apabila salah seorang di antara kedua orang yang berakad terpaksa melakukan akad tersebut, maka akadnya tidak sah. Pada akhir penulisan skripsi ini, penulis menyarankan kepada pihak konsumen hendaknya harus lebih berhati-hati dalam bertransaksi di jejaring sosial dengan cara harus cermat dan pintar dalam memilih toko-toko online yang sekarang ini semakin banyak kecurangan-kecurangan atau bahkan penipuan yang dilakukan. Dan bagi penjual atau penyedia jasa titip beli online alangkah lebih baik menjadi penjual yang jujur dan amanah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Zurifah Dianazurifah.diana@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: Fiqih Muamalah; Jasa Titip Beli Online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sari Zurifah Diana
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:52
Last Modified: 16 Aug 2018 03:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27655

Actions (login required)

View Item View Item