Relasi masyarakat dengan BUMN dalam pengelolaan lingkungan di Kelurahan Pucang Sewu Kec. Gubeng Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cintiarini, Desyana (2018) Relasi masyarakat dengan BUMN dalam pengelolaan lingkungan di Kelurahan Pucang Sewu Kec. Gubeng Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Desyana Cintiarini_E04213017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan. Di dalam skripsi ini penulis akan menjelaskan tentang bagaimana inisiasi masyarakat dalam mengelola lingkungan dan bagaimana model hubungan masyarakat dengan BUMN (PT.PLN [Persero] Distribusi Jawa Timur). Tujuan penulis dalam penelitiannya yaitu untuk mendiskripsikan inisiasi masyarakat dengan BUMN dalam mengelola lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang berlokasi di Kel. Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota Surabaya. Adapun sumber data yang diambil ada dari primer dan sekunder yang dimana dalam data sekunder ini peneliti menggunakan jenis data literature. Selain itu, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik wawancara penulis menggunakan kategori in-depth interview yang dimana in-depth interview merupakan wawancara mendalam Dari hasil penelitian, penulis menemukan bahwa, pertama; ada masyarakat yang berinisiasi membangun bank sampah disebabkan oleh realita lingkungan didaerahnya yang sekian lama tidak ada perkembangan untuk tindakan sampah yang menggunung, dari membangun bank sampah tersebut akhirnya semakin bertambah anggota/nasabah yang ikut berpartisipasi dalam mengelola sampah-sampah tersebut sampai mereka membuat program pembayaran rekening listrik menggunakan sampah, selain itu nasabah bank sampah juga membangun pemikiran ke masyarakat lainnya bahwa sampah juga dapat membantu perekonomian masyarakat. Kedua; PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur disini ikut bekerjasama dengan bank sampah untuk membantu supaya kinerja program-program bank sampah berjalan lancar ke seluruh daerah-daerah di Surabaya, PLN membantu bank sampah dalam bentuk fasilitas-fasilitas seperti truk-truk sampah, meringankan masyarakat dengan program pembayaran listrik menggunakan sampah, membangun kantor pusat bank sampah induk Surabaya, serta program PLN peduli merupakan program yang dibuat PLN sebagai wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan. Maka, dari hasil penemuan pertama dan kedua dapat diketahui bahwa model hubungan masyarakat dengan PLN merupakan model hubungan Hight trust society yaitu masyarakat dengan kepercayaan tingkat tinggi serta masuk dalam hubungan simbiosa mutualisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cintiarini, Desyanadesyanacintiarini94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Masyarakat
Politik
Pembangunan
Uncontrolled Keywords: Relasi; Pengelolaan lingkungan; inisiasi masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Cintiarini Desyana
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:59
Last Modified: 21 Aug 2018 01:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27649

Actions (login required)

View Item View Item