Tinjauan hukum islam terhadap tabungan mudharabah (MDA) berjangka di Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayanti, Erika Nur (2018) Tinjauan hukum islam terhadap tabungan mudharabah (MDA) berjangka di Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Erika Nur Hidayanti_C72214039.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan tentang “Tinjauan Hukum Islam terhadap Tabungan Mudarabah (MDA) Berjangka di Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai Bagaimana aplikasi tabungan mudarabah (MDA) berjangka di Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap tabungan mudarabah (MDA) berjangka di Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang. Data penelitian skripsi ini diperoleh melalui wawancara dengan pihak yang terlibat, yaitu karyawan dan anggota Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang. Untuk teknik pengolahan data penulis menggunakan teknik editing, organizing, dan analyzing. Selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif analisis untuk mendapatkan kesimpulan secara khusus tentang aplikasi tabungan mudarabah (MDA) berjangka di Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa aplikasi tabungan mudarabah(MDA) berjangka di Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang menggunakan akad mudarabahmutlaqah dengan bagi hasil voucher belanja berupa uang yang diserahkan di awal setelah akad dilakukan. Menurut tinjauan Hukum Islam akad yang digunakan oleh Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang adalah batal karena tidak terpenuhinya rukun dan syarat akad, karena dalam praktiknya Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang memberikan bagi hasil berdasarkan persentase terhadap modal bukan persentase keuntungan. Sejalan dengan kesimpulan diatas, pihak Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT-UGT Sidogiri Cabang Sepanjang diharap lebih melakukan pembelajaran dalam memahami konsep mudarabahsecara umum agar sejalan dengan teori mudarabahyang benar menurut syariah dan ada baiknya melakukan penyempurnaan prosedur bagi hasil yang sudah diterapkan selama ini yaitu perhitungan bagi hasil yang lebih jelas dan tidak adanya penentuan batas nominal saat awal akad.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayanti, Erika Nurerikanur573@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Mudharabah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayanti Erika Nur
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:41
Last Modified: 16 Aug 2018 03:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27641

Actions (login required)

View Item View Item