Praktik bagi hasil tabungan idul fitri dalam bentuk parsel di BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo: studi hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulansari, Dina Tri (2018) Praktik bagi hasil tabungan idul fitri dalam bentuk parsel di BMT UGT Sidogiri cabang Larangan Sidoarjo: studi hukum Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Tri Wulansari_C72214071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan bertujuan untuk menjawab petanyaan bagaimana praktik bagi hasil tabungan idul fitri dalam bentuk parsel di BMT UGT Sidogiri Cabang Larangan Sidoarjo, dan Bagaimana analisa hukum Islam terhadap praktik bagi hasil tabungan idul fitri dalam bentuk parsel di BMT UGT Sidogiri Cabang Larangan Sidoarjo. Data penelitian dihimpun dari BMT UGT Sidogiri Cabang Larangan Sidoarjo yang menjadi obyek penelitian. Untuk menjawab permasalahan yang ada, penulis menggunakan teknik Observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka yang selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dengan dimulai dari analisis berbagai data yang terhimpun dari suatu penelitian, kemudian bergerak kearah pembentukan kesimpulan kategoris atau ciri-ciri umum tertentu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Praktik bagi hasil tabungan idul fitri dalam bentuk parsel adalah tabungan umum berjangka seama satu tahun untuk membantu keinginan anggota memenuhi kebutuhan hari raya idul fitri, menggunakan akad mud}a>rabah musht>arakah dengan nisbah 40% anggota, 60% BMT. Bagi hasil yang diperoleh dalam produk tabungan idul fitri yakni berupa paket parsel idul fitri dan keuntungan bagi hasil hanya bisa dambil 15 hari sebelum hari raya idul fitri. Hasilnya menunjukkan bahwa keuntungan bagi hasil produk ini dihitung berdasarkan saldo rata-rata harian dan dibagikan setiap bulan kemudian di jumlahkan dalam setahun. Operasional produk ini sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah megenai konsep bagi hasil tabungan mud}a>rabah sebagaimana diatur dalam Fatwa DSN-MUI. Sehubungan dengan kesimpulan di atas, Untuk menjadikan bagi hasil tersebut kedalam bentuk barang atau parsel lebaran pihak BMT juga harus berhati-hati atau bijaksana serta beritikad baik dan bertanggung jawab atas segala sesuatu yang timbul akibat kesalahan/kelalaiannya. Dan diharapkan dapat memperoleh keuntungan seoptimal mungkin tanpa melanggar berbagai aturan syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulansari, Dina Tridinawulansari11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Mudarabah
Keywords: Bagi hasil; tabungan idul fitri; parsel
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Wulansari Dina Tri
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:17
Last Modified: 16 Aug 2018 02:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27622

Actions (login required)

View Item View Item