Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli sisa bahan material bangunan oleh kontraktor di Rumah Sakit Persahabatan Cipinang Jakarta

Maknunah, Dewi Luklu Ati (2018) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli sisa bahan material bangunan oleh kontraktor di Rumah Sakit Persahabatan Cipinang Jakarta. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Luklu Ati Maknunah_C92214142.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “ Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Sisa Bahan Material Bangunan Oleh Kontraktor Di Rumah Sakit Persahabatan Cipinang Jakarta” merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: Bagaimana praktik jual beli sisa bahan material bangunan oleh kontraktor di rumah sakit persahabatan cipinang Jakarta? Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap jual beli sisa bahan material bangunan oleh kontraktor di rumah sakit persahabatan Cipinang Jakarta? Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, observasi, dan, wawancara. selanjutnya data disusun dan di analisis dengan menggunakan metode diskriptif analisis yaitu dengan menggambarkan atau mendeskripsikan data yang diperoleh dari lapangan terkait praktik jual beli sisa bahan material bangunan oleh kontraktor di rumah sakit persahabatan. Kemudian data tersebut di analisi menggunakan Hukum Islam mengenai jual beli. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli sisa bahan material bangunan adalah dengan cara penjual yaitu kontraktor dan pembeli bertransaksi dalam satu majlis agar pembeli dapat memilih dan melihat langsung barang yang dijual dalam hal ini pembeli mengetahui bahwa barang yang dijual adalah sisa material bangunan yang utuh maupun telah terpakai. Jual beli ini dilakukan dengan barang yang seharusnya dikembalikan kepada Pihak Pembuat Komitmen sesuai dengan perjanjian kerja yang telah disepakati, jual beli berlangsung tanpa adanya izin dan sepengetahuan dari pihak yang memiliki hak untuk memiliki barang tersebut. hal ini menyebabkan tidak terpenuhi salah satu syarat sah jual beli dalam hal objek barang yang boleh diperjual belikan. Dalam hukum islam berdasarkan pendapat Ulama Hambali dan Syafi’i adalah fasid dan bathil, karena akad yang dilakukan dengan objek barang yang bukan miliknya menjadi batal sejak awal kecuali jika barang tersebut telah dibelinya dan sepenuhnya menjadi milik sendiri. Pada akhir penulisan skripsi ini, penulis menyarankan kepada pihak pembuat komitmen untuk lebih mengawasi secara menyeluruh dan teliti dalam pekerjaan agar tidak terjadi kecurangan ini secara terus menerus. Dan Kontraktor sebagai penjual sisa bahan material bangunan hendaknya tidak mencari keuntungan dengan cara yang bathil dan tidak melanggar perjanjian yang telah disepakati agar terjalin kerjasama yang bersih dan bertanggung jawab. Pihak pembeli sebaiknya berhati-hati dalam membeli barang agar barang yang dibeli dapat bermanfaat dengan baik dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wijaya, Arif
Uncontrolled Keywords: Jual beli
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Maknunah Dewi Luklu Ati
Date Deposited: 15 Aug 2018 08:00
Last Modified: 15 Aug 2018 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27588

Actions (login required)

View Item View Item