Tinjauan hukum pidana Islam terhadap pertimbangan hukum hakim dan dasar hukum tentang tindak pidana pencabulan dan kekerasan fisik terhadap anak kandung: studi direktori putusan pengadilan negeri Garut nomor:295/Pid.Sus/2014/PN.Grt

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Nur (2018) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap pertimbangan hukum hakim dan dasar hukum tentang tindak pidana pencabulan dan kekerasan fisik terhadap anak kandung: studi direktori putusan pengadilan negeri Garut nomor:295/Pid.Sus/2014/PN.Grt. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Isnaini_C93214080.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap pertimbangan hukumhakim tentang tindak pidana pencabulan dan kekerasan fisik terhadap anak kandung dalam putusan nomor: 295/Pid.Sus/2014/PN.Grt dan bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap dasar hukum tindak pidana pencabulan dan kekerasan fisik terhadap anak kandung dalam putusan nomor: 295/Pid.Sus/2014/PN.Grt. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan terkait permasalahan. Selanjutnya data dianalisis menggunakan pola pikir deduktif yaitu pola pikir yang berangkat dari kebenaran umum dan mengeneralisasikan kebenaran tersebut pada suatu data tertentu yang memiliki kesamaan yaitu putusan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pertimbangan hukum hakim pada putusan Nomor: 295/Pid.Sus/2014/PN.Grt setelah hakim mempertimbangkan hal-hal memberatkan meliputi terdakwa sudah pernah dihukum,meresahkan masyarakat, menyebabkan trauma psikis bagi korban, terdakwa menyesali perbuatannya, berterus terang, berlaku sopan di persidangan sebagai pertimbangan hal meringankan maka majelis hakim memutus terdakwa yaitu melakukan tindak pidana pencabulan dan kekerasan fisik terhadap anak kandung selama 5 tahun penjara. Berdasarkan dasar hukum yang di dalamnya termuat sanksi maka menurut hukum pidana Islam yaituhukumannya ta’zi>r berupa 50 kali jiliddengan menggunakanteori at-tada>khul. Namun, dalam penelitian ini penulis lebih menitikberatkan pada pertimbangan hukum hakim dan dasar hukum yang digunakan kurang mempertimbangkan adanya peraturan lain terkait dengan perbarengan tindak pidana dalam pasal 65 KUHP. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka penulis menyarankankepada hakim agar dalam mengambil keputusan lebih memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan lain yang disesuaikan dengan ketentuan seperti termuat dalam pasal 65 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Nurneniisnaini108@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Hukum > Hukum - Perzinaan
Kekerasan
Uncontrolled Keywords: Pencabulan; kekerasan fisik; ta'zir
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Isnaini Nur
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:57
Last Modified: 15 Aug 2018 02:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27575

Actions (login required)

View Item View Item