Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) pada materi PLDV (Persamaan Linier Dua Variabel) di kelas VIII MTs Salafiyah Pungging

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofik, Moch. Choirul (2018) Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) pada materi PLDV (Persamaan Linier Dua Variabel) di kelas VIII MTs Salafiyah Pungging. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Choirul Rofik_D04211010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan pembelajaran menggunakan POE, mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan POE serta hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan POE pada materi persamaan linear dua variabel (PLDV). Pembelajaran dengan menggunakan POE pada materi pokok persamaan linear dua variabel (PLDV) di laksanakan di MTs Salafiyah Pungging kelas VIII-B yang terdiri atas 24 siswa. Pada pembelajaran POE ada tiga tahap pembelajaran yakni predict (memprediksi), observe (mengamati), dan explain (menjelaskan). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah met ode observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dan metode tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran. Dari penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan POE, hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes dari 24 siswa kelas VIII-B yaitu 79,5 ( berada pada taraf penguasaan baik), dengan banyak siswa yang lulus KKM 15 siswa. Sedangkan untuk hasil pengamatan aktivitas siswa, menghasilkan nilai 47 dan aktivitas siswa dinilai sangat baik. Berdasarkan hasil tes dan lembar observasi aktivitas siswa tersebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan PLDV menggunakan pembelajaran POE adalah “baik”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofik, Moch. Choirulchoirul.rofik@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: POE (Predict-Observe-Explain); PLDV
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rofik Moch. Choirul
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:29
Last Modified: 15 Aug 2018 06:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27571

Actions (login required)

View Item View Item