Penerapan pembelajaran Matematika model GIA treatment untuk melatih kemampuan pemecahan masalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Nur Maulida (2018) Penerapan pembelajaran Matematika model GIA treatment untuk melatih kemampuan pemecahan masalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Maulida Hasanah_D34211044.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran matematika di kelas VII Sekolah Menengah Pertama yaitu kesulitan siswa memecahkan masalah matematika dalam pengerjaan soal keliling dan luas segitiga. Salah satu masalahnya yaitu guru yang tidak menggunakan variasi model pembelajaran dalam pembelajaran matematika sehingga pembelajaran menjadi kurang aktif dan terkesan monoton. Variasi pembelajaran matematika model GIA Treatment merupakan suatu model pembelajaran yang dikembangkan untuk memotivasi siswa agar selalu belajar dan aktif untuk mencari cara pemecahan masalah dalam kehidupan nyata serta menjadikan siswa bisa bertanggung jawab terhadap hasil belajar mereka. Pembelajaran Matematika model GIA Treatment dikembangkan berdasarkan 3 komponen, yaitu: Group Treatment, Individual Treatment, dan Achievement Motivation and Assessement. Ada empat tujuan dalam penelitian ini di antaranya: (1) mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran matematika model GIA Treatment berlangsung, (2) mendeskripsikan kemampuan guru dalam melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran matematika model GIA Treatment, (4) mendeskripsikan respon siswa setelah penerapan pembelajaran matematika model GIA Treatment. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian penerapan dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes hasil belajar dan angket. Terdapat empat instrument dalam penelitian ini yaitu: (1) lembar observasi aktivitas siswa, (2) lembar observasi aktivitas guru dalam melaksanakan rencana pelaksanaan pebelajaran, (3) soal tes hasil belajar siswa, (4) lembar angket respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan data hasil penelitian, aktivitas siswa selama pembelajaran matematika menggunakan model GIA Treatment dikatakan efektif dengan presentase aktivitas siswa aktif sebesar 86,56%. Hasil pengamatan aktivitas guru dalam melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori sesuai dengan rata-rata 2,64. Hasil analisis tes individu dari 35 siswa, 22 siswa (62,86%) dinyatakan tuntas dalam belajarnya. Begitu juga dengan hasil analisis respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model GIA Treatment dinyatakan positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Nur Maulidamellyagil27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: GIA treatment; group treatment; individual treatment; achievement motivation; assessement
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hasanah Nur Maulida
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:17
Last Modified: 15 Aug 2018 06:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27570

Actions (login required)

View Item View Item