Dampak pernikahan tunggal piring di Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri dalam perspektif hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamaludin, Arsyad (2018) Dampak pernikahan tunggal piring di Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri dalam perspektif hukum Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Arsyad Jamaludin_C01211012.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ada tiga. Pertama, pelaksanaan pernikahan Tunggal Piring di Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Kedua, dampak pernikahan Tunggal Piring di Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Ketiga, kesesuaian pernikahan Tunggal Piring di Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri dengan hukum islam. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat tradisi pernikahan tunggal piring adalah hukum islam maslahah mursalah. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; Pelaksanaan pernikahan Tunggal Piring di Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri mengikuti pola yang ada di cerita rakyat tentang konflik sunan bonang dan penduduk tunglur yaitu, dua laki-laki bersaudara beristri dengan perempuan, dan keduanya dari desa tunglur. Menurut cerita dampak pernikahan Tunggal Piring di Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, ini membawa sial berupa kematian dari anggota keluarga yang melakukan pernikahan tunggal piring sekaligus membawa sial pula bagi pelayat jenazah dampak pernikahan tunggal piring. Namun sebaliknya, pelaku pernikahan mengalami diskriminasi karena pernikahan tunggal piring yang belum tentu secara akal bisa dibuktikan. Perspektif hukum islam terhadap pernikahan Tunggal Piring di Desa Tunglur Kecamatan Badas Kabupaten Kediri yang berdampak negatif terhadap Suami dan/ Istri ini belum jelas kebenaran dari dampak negative. pernikahan tunggal piring ini secara maslahah mursalah, bagi yang meyakini islam, pernikahan tunggal piring ini dalam islam diperbolehkan dan mengembalikan dampak yang negative tersebut, kepada Yang Maha Kuasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamaludin, Arsyadarsyad.akkld.jatim@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Nikah
Uncontrolled Keywords: Pernikahan tunggal piring; hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Jamaludin Arsyad
Date Deposited: 16 Aug 2018 01:59
Last Modified: 16 Aug 2018 01:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27555

Actions (login required)

View Item View Item