Implementasi pengupahan PT. Cakra Satya Internusa (CSI) terhadap karyawan Gapura Angkasa di Sidoarjo dalam perspektif hukum Islam dan undang-undang No.13 tahun 2003 tentang keternagakerjaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Sella Friska Amalia (2018) Implementasi pengupahan PT. Cakra Satya Internusa (CSI) terhadap karyawan Gapura Angkasa di Sidoarjo dalam perspektif hukum Islam dan undang-undang No.13 tahun 2003 tentang keternagakerjaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sella Friska Amalia A_C92214130.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dari penelitian penulis mendapatkan bahwa penerapan pengupahan yang dilakukan PT.Cakra Satya Internusa (CSI) disebabkan karena terjadinya system error atau human error yang terjadi di perusahaan, terhambatnya di proses penarikan dalam hal pembiayaan PT.Cakra Satya Internusa (CSI) kepada mitra kerja atau Gapura Angkasa yang menggunakan jasa karyawan tersebut. Kendala itu lah yang sering kali menjadi hambatan PT.Cakra Satya Internusa (CSI) dalam proses memberikan gaji kepada Karyawan Gapura Angkasa yang menjadi tidak sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Namun tanggung jawab tetaplah tanggung jawab yang harus perusahaan lakukan karena perusahaan memiliki kewajiban atas hidup para pekerja. Menurut hukum Islam dan Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan bahwa, PT.Cakra Satya Internusa (CSI) tidak ada unsur kesengajaan atau kelalaian dalam memberikan upah terhadap Karyawan Gapura Angkasa tersebut, sifatnya karena terpaksa. Meski begitu para karyawan tidak terima atas perlakuan seperti itu, hak mereka juga tidak segera diberikan. Maka diharamkannya dalam hukum Islam dan Undang-Undang No.13 tahun 2003 karena menyimpang dari aturan yang sudah dipaparkan dalam Undang-Undang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Sella Friska Amaliashelafriska@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Uncontrolled Keywords: Pengupahan; Karyawan; Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Sella Friska Amalia
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:51
Last Modified: 16 Aug 2018 02:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27554

Actions (login required)

View Item View Item