Apatisme generasi milenial terhadap politik: studi kasus Kodok Alas pada pilgub Jatim 2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rojaby, Uky Dzatalini (2018) Apatisme generasi milenial terhadap politik: studi kasus Kodok Alas pada pilgub Jatim 2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Uky Dzatalini Rojaby_E74211040.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menyebabkan mereka (Kodok Alas) bersikap apatis terhadap politik sehingga menyebabkan tingkat pemahaman mereka terhadap politik juga dangkal. Ketiga hal yang berkaitan dengan partisipasi politik tersebut perlu dibahas lagi mengingat subyek yang perlu diperhatikan lagi ialah golongan milenial yang selama ini terkesan cuek terhadap politik. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana partisipasi politik dan penyebab generasi milenial bersikap apatis terhadap politik. Penelitian ini menggunakan teori partisipasi politik, partisipasi politik merupakan bagian dari demokrasi yang kedudukannya sangatlah penting, karena tanpa partisipasi politik maka demokrasi tidak akan tercipta. Secara garis besar partisipasi politik ini merupakan wujud dari kepedulian mengenai politik, yang berupa dorongan untuk mengapresiasikan haknya dituang dalam politik. Penelitian lapangan menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif. Dibantu dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, dan observasi. Instrumen wawancara penelitian ini menggunakan teknik rekam wawancara. Terlibat secara langsung dengan informan dalam melakukan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan ialah metode pendekatan analisa isi dan pendekatan deskriptif. Pemahaman generasi milenial pada politik masih meliputi sesuatu yang baku, belum secara menyeluruh dan terperinci. Dampak dari pemahaman yang kurang ini terlihat langsung pada sikap apatisme generasi muda ini pada politik. Ada beberapa penyebab yang menjadikan generasi ini bersikap apatis, yaitu kurangnya sosialisasi politik pada kalangan generasi muda, sifat pragmatis informan, dan citra negatif yang dibangun oleh media massa. Partisipasi anggota Kodok Alas sendiri pada Pilgub Jatim 2018 kemarin tergolong menjadi 2 bagian, dan salah satu alasan ikut dalam berpartisipasi politik ialah mengikuti eksistensi dunia maya dengan selalu update foto di media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rojaby, Uky Dzatalinidzatalini20@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Perilaku
Pemilihan Umum
Keywords: Apatisme; milenial; partisipasi politik
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Rojaby Uky Dzatalini
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:28
Last Modified: 15 Aug 2018 07:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27551

Actions (login required)

View Item View Item