Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDESa): studi kasus di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imamuddin, Imamuddin (2018) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDESa): studi kasus di Desa Payaman Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Imamuddin_E84211064.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) ini membahas tentang Bagaimana implementasi program BUMDes, juga faktor yang menjadi pendukung dan penghambat BUMDes dalam menjalankan program usaha di Desa Payaman. Dan bagaimana keterlibatan masyarakat dalam implementasi program BUMDesa di Desa Payaman.Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaiman implementasi program BUMDesa, juga faktor yang menjadi pendukung dan penghambat BUMDesa dalam menjalankan program usaha di Desa Payaman. Dan bagaimana keterlibatan masyarakat dalam implementasi program BUMDesa di Desa Payaman
Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif yang digambarkan dengan kata-kata tertulis dan lisan. Metode ini disebut juga sebagai metode interpretive, karena hasil penelitian lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan di lapangan. Teori yang dipakai menjelaskan tentang kebijakan publik dan konsep good and partisipasi politik. Kebijakan (policy) adalah sebuah instrument pemerintahan, bukan saja dalam arti Government yang hanya menyangkut aparatur Negara, melainkan pula governance yang menyentuh pengelolahan sumberdaya publik. Sedangkan partisipasi politik adalah merupakan taraf partisipasi politik warga masyarakat dalam kegiata-kegiatan politik baik bersifat aktif maupun pasif dan bersifat langsung maupun yang tidak langsung guna mempengaruhi kebijakan pemerintah. Hasil dari penelitian skripsi ini dapat disimpulkan bahwa implementasi dan peran BUMDes Mitra Sejahtera dalam kehidupan masyarakat memang sudah terlihat, namun belum bisa berjalan optimal, karena program yang sudah ada dan yang sudah berjalan belum bisa mencakup semua masyarakat Desa Payaman dan BUMDesa sudah berupaya untuk melakukan dan mengakomodir kebutuhan massyarakat, Dalam semua program yang sudah berjalan yang menjadi pendukung dalam BUMDes menjalankan program diantaranya adalah : kebutuhan masyarakat. syarat mudah. bunga kecil. Kebutuhan masyarakat yang semakin besar.. Banyak masyarakat desa yang menjadi pedagang. Keamanan kendaraan bermotor. Mengurangi pangangguran warga meskipun kecil. Opsi pekerjaan sampingan. Perawatan mudah. Pemasaran mudah. Lahan tidak perlu luas. Sedangkan faktor penghambat yang terjadi di lapangan, antara lain : Aspek modal yang kurang, Sehingga terjadi pembatasan peminjaman jika ada masyarakat yang meminjam modal yang banyak. Pedagang kurang tertata dalam pengelompokan barang dagangan. Ada pedagang yang kurang tertib karena masih berdagang di pintu masuk. Kurangnya kesadaran dari pedagang. Tempat parkir yang kurang lebar, sehinggaa mengganggu warga yang melintasi jalan sekitar pasar, Belum ada pintu masuk dan pintu keluar, Cuaca panas, Butuh air banyak ketika musim panas datang, Pakan lele mahal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imamuddin, Imamuddindiyn.imam96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Investasi
Kebijakan Publik
Sumber Daya Manusia
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; masyarakat; Pengelolaan; BUMDesa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Imamuddin Moh.
Date Deposited: 20 Aug 2018 01:21
Last Modified: 20 Aug 2018 01:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27549

Actions (login required)

View Item View Item