Pengembangan perangkat pembelajaran model matematika Knisley untuk melatihkan kemampuan penalaran proporsional siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadhon, Mochammad Roem (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran model matematika Knisley untuk melatihkan kemampuan penalaran proporsional siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Moch. Roem Romadhon_D04211030.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang efektif untuk melatihkan kemampuan penalaran proporsional siswa. Model pembelajaran yang cocok adalah Model Matematika Knisley. Karena sintak pada Model Matematika Knisley mendukung siswa untuk melatih kemampuan penalaran proporsionalnya. Perangkat yang dikembangkan untuk Model Matematika Knisley adalah RPP dan LKS. Perangkat tersebut dikembangkan dengan model pengembangan IDI (Instructional Development Institute). Evaluasi perangkat yang dikembangkan meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah teknik pengumpulan data dan Instrumen Penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik validasi, teknik angket, teknik observasi, dan tes uji kompetensi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, lembar angket dan lembar tes. Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas VII D SMP Negeri 35 Surabaya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis dengan catatan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan rata-rata persentase respon siswa sebesar 89% merespon dalam kategori positif (senang, berminat, dan tertarik), keterlaksanaan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria terlaksana dengan sangat baik dikarenakan rata-rata keterlaksanaan sintaksnya 97,5%, dan ketuntasan belajar siswa sebesar 81% secara klasikal sehingga masuk dalam kategori tuntas. Sebanyak 2 siswa (5,4%) masuk kategori level 2 (Aditif), sebanyak 5 siswa (13,6%) masuk dalam kategori level 3 (Pra Multiplikatif), sebanyak 19 siswa (51,3%) masuk dalam kategori level 4 (Multiplikatif Implisit) dan sebanyak 11 siswa (29,7%) masuk dalam kategori level 5 (Multiplikatif).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadhon, Mochammad Roemroem.mochmmad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model matematika Knisley; penalaran proporsional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Romadhon Mochammad Roem
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:59
Last Modified: 15 Aug 2018 06:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27506

Available Versions of this Item

  • Pengembangan perangkat pembelajaran model matematika Knisley untuk melatihkan kemampuan penalaran proporsional siswa. (deposited 15 Aug 2018 06:59) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item