Kerukunan antar umat beragama di Desa Wonomlati Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiah, Maharani (2018) Kerukunan antar umat beragama di Desa Wonomlati Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maharani Ilmiah_E02211021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kerukunan merupakan nilai yang sangat universal, yang dapat ditemukan dalam setiap ajaran agama. Semua agama pada hakikatnya mengajarkan semua umat nya untuk mawas diri, mengenal dirinya terlebih dahulu, mengenal segala musuh yang ada dalam dirinya serta kelobaan iri hati, kemarahan dan lain sebagainya. Dengan senantiasa mawas diri umat beragama akan tetap dapat menjaga saling pemgertian dengan umat lain dan benar benar dapat mengambarkan wawasan kebangsaan menyadari diri sebagai bagian dari bangsa indonesia yang besar. Disamping itu setiap agama mengajarkan pula kepada umatnya untuk mengasihi sesama makhluk hidup dan bersikap positif terhadap alam. Hanya saja agama-agama curiga yang berlebihan terhadap penganut agama lain. Sehingga mengakibatkan terjadinya berbagai macam konflik di masyarakat. Sementara itu, sikap fanatisme yang berlebihan dikalangan penganut agama masih sangat dominan, sehingga dapat menimbulkan disharmoni yang merugikan semua pihak, termasuk kelompok penganut agama. Seringkali dipahami secara sempit dan eksklusif oleh penganutnya dan disertai perasaan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitif. Penulis menentukan lokasi penelitian mengumpulkan data dengan cara: observasi untuk mengamati dan menyelidiki fakta-fakta empiris yang terjadi, interview kepada tokoh masyarakat, agama, warga setelah data terkumpul. Penulis menganalisis dengan menggunakan Teori Struktural Fungsional dari Talcot Parsons yaitu dengan gagasan empat prasyarat AGIL: Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency. Bentuk-bentuk kerukunan umat beragama antara masyarakat Islam dan Kristen di Desa Wonomlati adalah adanya bentuk interaksi sosial, bekerja bersama yang meliputi: kerjasama di bidang sosial maupun di bidang agama, kerjasama sosial individu, musyawarah antar umat beragama dan memiliki rasa kepedulian terhadap sesama maupun terhadap lingkunganFaktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kerukunan umat beragama antara masyarakat Islam dan Kristen di Desa Wonomlati ada dua faktor yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiah, Maharanimaharaniilmiah66@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kerukunan Beragama
Keywords: Kerukunan; umat beragama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Ilmiah Maharani
Date Deposited: 23 Aug 2018 07:31
Last Modified: 23 Aug 2018 07:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27467

Actions (login required)

View Item View Item