Peningkatan minat baca siswa melalui Perpustakaan Madrasah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supriyatno, Hary (2015) Peningkatan minat baca siswa melalui Perpustakaan Madrasah. Attaqwa Jurnal Pendidikan Islam, 11 (02). pp. 115-127. ISSN 693-0649

[img] Text
Hary Supriyatno_Peningkatan Minat Baca Siswa melalui Perpustakaan Madrasah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu sumber belajar yang sangat penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa adalah perpustakaan. Perpustakaan merupakan unsur penting dalam dunia pendidikan, tidak terkecuali madrasah. Pengelolaan dan pengolahan perpustakaan madrasah haruslah menjadi prioritas agar kunjungan dan minat baca siswa yang rendah mampu ditingkatkan. Minat baca siswa masih tergolong rendah dan memprihatinkan ini disebabkan oleh pemberdayaan dan pengembangan perpustakaan madrasah yang kurang maksimal, baik dari sisi gedung, sarana prasarana, koleksi, anggaran, dan pustakawan/petugasnya. Selain faktor material, rendahnya minat baca juga dikarenakan faktor non material seperti belum terakomodir perpustakaan dalam kurikulum, minimnya keteladanan guru dalam membaca, dan kurangnya kegiatan dalam rangka pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi. Idealnya, dalam proses belajar pengajar madrasah menempatkan buku dan perpustakaan bukan hanya sebagai pelengkap sarana pembelajaran, melainkan sebagai sumber pengetahuan utama yang mengharuskan para siswa mengunjungi dan memanfaatkannya agar mutu pendidikan madrasah menjadi meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supriyatno, Haryharyperpus@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perpustakaan
Informasi
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Madrasah; Sarana Pembelajaran; Minat Baca; Sumber Informasi
Divisions: Karya Ilmiah
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 22 Mar 2019 01:37
Last Modified: 22 Mar 2019 02:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27443

Actions (login required)

View Item View Item