Strategi penanganan anak pada fase Tantrum: studi perbandingan di TK Dharma Wanita Persatuan Meduran dan di TK Muslimat NU 65 Futuhatul Ulum Desa Roomo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

Nadhiroh, Alfin (2018) Strategi penanganan anak pada fase Tantrum: studi perbandingan di TK Dharma Wanita Persatuan Meduran dan di TK Muslimat NU 65 Futuhatul Ulum Desa Roomo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alfin Nadhiroh_D78214013.pdf

Download (882kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan perilaku tantrum dan strategi yang diberikan oleh guru pada dua TK yang berbeda. Fokus pada penelitian yang dilakukan kali ini adalah perilaku tantrum anak, strategi yang diterapkan oleh guru, persamaan dan perbedaan strategi yang diterapkan oleh guru, serta faktor yang menyebabkan persamaan dan perbedaan strategi yang diberikan oleh masing-masing guru pada kedua TK tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek atau sumber penelitian yang dilakukan adalah anak yang berperilaku tantrum serta guru yang menangani anak yang berperilaku tantrum dengan kategori agressive destructive atau yang biasa disebut tantrum dengan perbuatan yang merusak dan membahayakan bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari kedua TK, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perilaku tantrum. Perilaku tantrum yang ditunjukkan oleh anak di TK Dharma Wanita memiliki frekuensi dan intensitas lebih tinggi dibanding dengan perilaku tantrum yang ditunjukan oleh anak di TK Muslimat 65. Sedangkan, strategi yang diterapkan oleh guru pada masing-masing TK juga memiliki persamaan serta perbedaan. Hal tersebut dipengaruhi oeh beberapa faktor diantaranya adalah pengetahuan mengenai tantrum dan cara menanganinya, intensitas tantrum yang ditunjukkan oleh anak, kedekatan guru dengan orang tua dan anak, serta respon orang tua anak yang berperilaku tantrum terhadap penanganan yang dilakukan oleh guru.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rosyidi, Zudan
Uncontrolled Keywords: Perilaku Tantrum; Strategi Penanganan Anak Tantrum
Subjects: Bimbingan Belajar
Kepribadian
Orang tua dan Anak
Anak > Kepribadian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Nadhiroh Alfin
Date Deposited: 14 Aug 2018 08:25
Last Modified: 14 Aug 2018 08:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27442

Actions (login required)

View Item View Item