Profil fleksibilitas siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau berdasarkan perbedaan kepribadian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saraswanti, Wardani Oktavia (2018) Profil fleksibilitas siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau berdasarkan perbedaan kepribadian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Wardani Oktavia Saraswanti_D74213099.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan penting dalam pendidikan abad ke-21 yaitu berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Salah satu kriteria kemampuan berpikir kreatif yang sangat penting diajarkan kepada siswa adalah fleksibilitas. Fleksibilitas merupakan kemampuan yang menghasilkan berbagai ide dalam memahami masalah, menggunakan lebih dari satu strategi yang berbeda dalam menyelesaikan masalah, memilih dan menerapkan strategi yang efisien. Fleksibilitas memiliki kaitan dengan tipe kepribadian, secara tidak langsung tipe kepribadian memiliki pengaruh terhadap fleksibilitas siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fleksibilitas siswa dengan tipe kepribadian guardian, artisan, rational, idealist agar nantinya dapat menjadi pertimbangan untuk bagaimana mengembangkan fleksibilitas siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan siswa yang terdiri dari dua siswa dengan tipe kepribadian guardian, dua siswa dengan tipe artisan, dua siswa dengan tipe rational, dan dua siswa dengan tipe kepribadian idealist yang diambil dari kelas VIII SMP Ma’arif 3 Sekaran Lamongan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Data tersebut selanjutnya dianalisis sesuai dengan indikator tiap-tiap fleksibilitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa profil fleksibilitas kepribadian guardian adalah kedua subjek mampu menemukan konsep dari perubahan perspektif dan perbedaan representasi, mampu menyajikan suatu konsep dengan berbagai bentuk, mampu menggunakan multi strategi dan memilih strategi mana yang efisien. Profil fleksibilitas kepribadian artisan adalah kedua subjek mampu menemukan konsep dari perubahan perspektif dan perbedaan representasi, mampu menyajikan suatu konsep dengan berbagai bentuk, mampu menggunakan multi strategi dan memilih strategi mana yang efisien. Profil fleksiblitas kepribadian rational adalah kedua subjek mampu menemukan konsep dari perubahan perspektif dan perbedaan representasi tetapi, kurang tepat, tidak mampu menyajikan suatu konsep dengan berbagai bentuk, tidak mampu menggunakan multi strategi dan memilih strategi mana yang efisien. Profil fleksibilitas kepribadian idealist adalah kedua subjek mampu menemukan konsep dari perubahan perspektif dan perbedaan representasi tetapi, kurang lengkap, mampu menyajikan suatu konsep dengan berbagai bentuk namun, kurang lengkap, mampu menggunakan multi strategi dan memilih strategi mana yang efisien.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saraswanti, Wardani Oktaviaoktaviasaraswanti@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepribadian
Matematika
Uncontrolled Keywords: Fleksibilitas siswa; Guardian; Artisan; Rational; Idealist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Saraswanti Wardani Oktavia
Date Deposited: 15 Aug 2018 04:06
Last Modified: 15 Aug 2018 04:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27429

Actions (login required)

View Item View Item