Pengembangan perangkat pembelajaran Himpunan yang diintegrasikan dengan ayat Al Quran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Tutut Mita (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran Himpunan yang diintegrasikan dengan ayat Al Quran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tutut Mita Anggraeni_D94213122.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di MTs Wachid Hasyim Surabaya masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif dan kurang tertarik dengan pembelajaran matematika. Untuk menciptakan pembelajaran yang dapat membuat siswa MTs aktif dan tertarik belajar matematika salah satu alternatifnya adalah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan ayat Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran pada materi himpunan yang diintegrasikan dengan ayat Al-Quran. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Researchand Development (R&D) yang dimodifikasi oleh Sukmadinata dan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap studi pendahuluan, tahap perancangan produk dan perangkat, dan tahap uji coba produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, dan LKS. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas VII A MTs Wachid Hasyim Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi, angket, dan tes. Data penelitian dianalisis dan diperoleh data sebagai berikut : kevalidan RPP berkategori valid dengan rata-rata sebesar 2,82; kevalidan buku siswa berkategori valid dengan rata-rata sebesar 2,96; kevalidan LKS berkategori valid dengan rata-rata sebesar 3,14. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan masing-masing memperoleh nilai A yang berarti memenuhi kriteria praktis dan dapat digunakan tanpa revisi. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif dilihat dari keterlaksanaan sintaks pembelajaran pada pertemuan pertama sebesar 86% dan pertemuan kedua sebesar 95%; aktivitas siswa yang aktif lebih besar daripada aktivitas siswa yang pasif; respon siswa sangat positif yaitu sebesar 92,4%; dan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Tutut Mitatututmita246@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; himpunan; integrasi; Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anggraeni Tutut Mita
Date Deposited: 14 Aug 2018 08:05
Last Modified: 14 Aug 2018 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27426

Actions (login required)

View Item View Item