عوائق البيئة العربية في ترقية مهارة الاستماع والكلام لطلبة معهد ماس كرمباغان تامان سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatulloh, Farid (2018) عوائق البيئة العربية في ترقية مهارة الاستماع والكلام لطلبة معهد ماس كرمباغان تامان سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Farid Hidayatulloh__D72214048.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran bahasa asing dan mata pelajaran wajib bagi santri saat ini, khususnya bagi santri di pondok pesantren bilingual. Bahsa arab bukan memiliki 4 kemampuan yang harus dikuasai, yakni kemampuan mendengar, berbicara, membaca serta menulis. Bahasa arab memiliki lebih banyak huruf dengan karakter yang berbeda dan tidak ditemukan dalam bahasa lain, dengan jumlah kosa kata bahasa arab yang sangat luas, mencapai lebih dari dua belas juta kata dan dengan penutur lebih dari 280 juta orang. Bahasa Arab memiliki banyak keistimewaan yang tidak ditemukan dalam bahasa lain. Termasuk aturan tentang bahasa Arab, seperti nahwu, sharaf, balaghah dll. Salah satu metode dalam mempelajari bahasa arab adalah dengan menggunakan metode Bi’ah Arobiyah. Metode ini merupakan metode dengan membuat lingkungan sebagai tempat interaksi satu sama lain dengan menggunakan bahasa arab sebagai alat komunikasinya. Lingkungan ini sangat penting terutama dalam meningkatkan keterampilan bahasa pada komunikasi sehari-hari. Metode ini dapat diperoleh baik secara formal maupun nonformal pada jenjang-jenjang tertentu. Saat ini metode ini sangat banyak digunakan pada pondok pesantren yang menerapkan metode bilingual. Bahasa arab saat ini bukan hanya dipandang sebagai bahasa keagaaman akan tetapi bahasa arab juga digunakan sebagai internasional, seperti bahasa dalam dunia bisnis, pernminyakan serta dalam ekonomi dunia. Oleh karena itu santri dituntut untuk menguasai bahasa arab dengan tujuan bukan hanya sekedar sebagai alat untuk memahami ilmu agama akan tetapi juga untuk memahami era globalisasi. Dengan metode pembelajaran Bi’ah Arobiyah diharapkan keterampilan bahasa santri dapat meningkat guna memenuhi tuntutan zaman saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatulloh, Faridkeavin.manamasketha@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; biah arabiyah; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hidayatulloh Farid
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:47
Last Modified: 14 Aug 2018 06:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27420

Actions (login required)

View Item View Item