Efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) guna meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MA Bilingual Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

La Roibafih, Achmad (2018) Efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) guna meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MA Bilingual Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad La Roibafih_D01214001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) guna meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Bilingual krian sidoarjo. Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya pendidikan yang berkurikulum K13 guna menyeimbangkan aspek kognitif dan aspek afektif serta aspek psikomotorik peserta didik melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) peserta didik di MA Bilingual krian sidoarjo, Bagaimana hasil belajar peserta didik di MA Bilingual krian sidoarjo, dan Bagaimana efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) guna meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Bilingual krian sidoarjo. Penelitian ini dilakukan di MA Bilingual krian sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik, yaitu rumus prosentase dan rumus product moment. Berdasarkan hasil dari analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di di MA Bilingual Krian Sidoarjo. Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) di MA Bilingual Krian Sidoarjo adalah tergolong “Baik”. Hal ini terbukti dari angket yang sudah dianalisa dengan hasil prosentase 79%, yakni berada diantara 65% - 100%.Hasil Belajar peserta didik di MA Bilingual Krian Sidoarjo adalah tergolong “Baik”. Hal ini terbukti dari angket yang telah dianalisa dengan hasil prosentase 70,3% yang berada diantara 65% - 100%. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan rumus product moment diperoleh hasil 0,62509 lebih besar dari pada r tabel, baik pada taraf signifikansi 5% dengan nilai 0,2732 maupun pada taraf signifikansi 1% dengan nilai 0,3542. Dan selanjutnya di uji dengan tes t dengan df = 40 dihasilkan thitung = 5,66245 dengan taraf signifikansi 5% didapatkan t tabel =2,00856 dan pada taraf signifikansi 1% didapatkan t tabel = 2,67779. Setelah dibandingkan hasilnya menujukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian menujukkan bahwa hipotesa kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan kata lain bahwa Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Bilingual Krian Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
La Roibafih, Achmadlaroibafihachmad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; fikih; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Roibafih Achmad La
Date Deposited: 15 Aug 2018 07:44
Last Modified: 15 Aug 2018 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27412

Actions (login required)

View Item View Item