Penerapan pembelajaran terpadu model connected pada sub pokok bahasan belah ketupat di MTs SA Jabal Nuur Wates Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khumairoh, Nur Khotim (2018) Penerapan pembelajaran terpadu model connected pada sub pokok bahasan belah ketupat di MTs SA Jabal Nuur Wates Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Khotim Khumairoh_D04211034.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar matematika tidak terlepas dari persiapan siswa dan persiapan guru di bidangnya. Pemilihan dan pelaksanaan model serta media pembelajaran yang tepat oleh guru akan membantu guru dalam menyampaikan pelajaran matematika. Melihat kondisi siswa yang seringkali pasif ketika menerima pelajaran matematika maka peneliti mencoba menerapkan pembelajaran terpadu model connected karena pembelajaran ini memiliki karakteristik holistik, bermakna, otentik dan aktif. Tujuan penelitian ini: 1) mendeskripsikan aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran terpadu model connected. 2) mendeskripsikan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran selama penerapan pembelajaran terpadu model connected. 3) mendeskripsikan respon siswa setelah penerapan pembelajaran terpadu model connected. 4) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran terpadu model connected. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A MTs SA Jabal Nuur Wates Kediri pada sub pokok bahasan belah ketupat pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung, metode tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan, dan metode angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran terpadu model connected. Setelah diterapkan dan di analisis data yang terkumpul, diperoleh bahwa aktivitas siswa dapat dikatakan sebagai aktivitas aktif dengan persentase 96,86%, aktivitas guru dalam kategori baik, respon siswa dapat dikatakan positif dengan rata-rata prosentase dari setiap kategori lebih dari 80%, sedangkan untuk ketuntasan belajar secara klasikal juga dapat dikatakan tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,29% dari seluruh siswa kelas VII-A MTs Jabal Nuur Wates Kediri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khumairoh, Nur Khotimruwayd.atkhuma@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran terpadu; model connected
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Khumairoh Nur Khotim
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:14
Last Modified: 14 Aug 2018 07:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27408

Actions (login required)

View Item View Item