Studi kritis Narasi kebencian Muslim Cyber Army di Media Massa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sirojuddin, Tafri Bahrur Risqi (2018) Studi kritis Narasi kebencian Muslim Cyber Army di Media Massa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tafri Bahrur Risqi Sirojuddin_E01213083.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah studi tentang munculnya kelompok penyebar hoax dan ujaran kebencian (hate speech) yang bernuansa provokatif yang tersebar di media sosial. Kelompok tersebut menamakan dirinya sebagai Muslim Cyber Army (MCA). Kelahiran MCA diyakini ada bersamaan dan tak lepas dari berbagai macam aksi bela Islam yang sempat mewarnai tahapan Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 lalu. Pasca Pilkada DKI, MCA juga kembali berupaya untuk menjatuhkan oposisi politiknya rezim Jokowi. Mereka bekerjasama dengan mengembangkan isu-isu yang bernuansa SARA dan sentimen agama seperti; ‘penganiayaan ulama’ dan ‘kebangkitan PKI’. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai dinamika narasi kebencian dan perang siber yang dilakukan oleh MCA di media sosial dan menganalisisnya dalam perspektif teori kritis Jurgen Habermas. Metode penelitian dalam skripsi ini dikaji dengan metode penelitian kualitatif, yaitu kajian pustaka (library research). Penelitian menemukan bahwa ujaran kebencian dan perang siber yang dilalukan oleh kelompok MCA dalam aktivitasnya di media sosial, muncul karena adanya krisis legitimasi yang terjadi pada sekelompok aktor MCA yang memiliki semangat pembelaan terhadap Islam melalui media sosial. Namun dalam perkembangan¬nya, kelompok MCA ini justru tumbuh menjadi kelompok yang menyebarkan hoax dan fitnah, sehingga mereka harus berhadapan dengan hukum positif yang berlaku di negeri ini. Pada akhirnya, relasi kuasa menjadi timpang. Komunikasi juga mengalami distorsi. Makna “Muslim” pada nama MCA juga tak bisa disepakati bersama. Sehingga kelompok MCA hanyalah formalisasi belaka. Dan konsensus yang dicapai hanyalah konsensus simbolik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sirojuddin, Tafri Bahrur Risqiriskytafri@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Muslim Cyber Army; Teori Kritis; Konsensus
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Sirojuddin Tafri Bakhrur Risqi
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:25
Last Modified: 21 Aug 2018 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27404

Actions (login required)

View Item View Item