Tinjauan fiqh siyasah terhadap pertanggungjawaban diskresi pejabat pemerintahan dalam penyelenggaraan pemerintahan menurut undang-undang no. 30 tahun 2014

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholicha, Siti Ni'matus (2018) Tinjauan fiqh siyasah terhadap pertanggungjawaban diskresi pejabat pemerintahan dalam penyelenggaraan pemerintahan menurut undang-undang no. 30 tahun 2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ni'matus Sholicha_C75214029.pdf

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pertanggungjawaban diskresi pejabat pemerintahan menurut Undang-Undang No. 30 Tahun 2014. 2. Bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap pertanggungjawaban diskresi pejabat pemerintahan menurut Undang-Undang No. 30 Tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan menggunakan kualitatif, dikumpulkan dengan teknik studi kepustakaan selanjutnya disajikan dalam bentuk deksriptif. Teori yang digunakan adalah teori maslahah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pertanggungjawaban atas diskresi ini dapat disimpulkan menjadi dua, yaitu tanggung jawab jabatan dan pribadi. Tanggung jawab jabatan adalah tanggung jawab pejabat yang menggunakan kebijakan atas nama jabatan. Sedangkan tanggung jawab pribadi adalah tanggung jawab yang harus ditanggung sendiri atas nama pribadi apabila melakukan suatu administrasi. Kedua, teori maslahah dan diskresi memiliki kesamaan satu sama lain dalam batas-batas penggunaannya. Tetapi dalam hal pertanggungjawabannya, al-sulthah al-tasyri’iyah atau lembaga legislatif bertanggung jawab langsung terhadap rakyat sebagai pemegang kekuasaan dalam pembentukan hukum atau kebijakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholicha, Siti Ni'matusaniqsholicha@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Kesejahteraan Sosial
Uncontrolled Keywords: Diskresi; Pejabat pemerintahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Sholicha Siti Ni'matus
Date Deposited: 15 Aug 2018 03:22
Last Modified: 15 Aug 2018 03:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27399

Actions (login required)

View Item View Item