Spiritualitas sumber daya manusia di kantor kementerian agama Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Siti, Rizki Hajah Masithoh (2018) Spiritualitas sumber daya manusia di kantor kementerian agama Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rizki Hajah Masithoh Siti_B94214059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Spiritualitas merupakan ajaran yang berkaitan dengan jati diri, etika dan moral. Suatu keadaan yang menyelaraskan diri dengan nilai dasar dari semua ajaran mulia dan membicarakan tentang eksistensi Tuhan. Spiritualitas merupakan semangat keagamaan yang dimiliki seseorang yang dibawa untuk beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dibawa ke tempat kerja. Spiritualitas dapat digunakan sebagai motif bekerja. Spiritualitas personal dan organisasi secara individual dan secara interaktif mempengaruhi penghargaan karyawan terhadap pekerjaannya. Kantor Kemenetian Agama Kabupaten Lamongan terletak di JL. Veteran No. 10 Lamongan. Sumber daya manusia diartikan sebagai “sumber” dari kekuatan yang berasal dari manusia-manusia yang dapat didayagunakan oleh organisasi. Dengan berpegang pada pengertian tersebut, istilah “sumber daya manusia” merujuk kepada individu-individu yang ada dalam sebuah organisasi. Ada sejumlah pakar yang mengatakan bahwa sumber daya manusia adalah “manusia yang bersumber daya” dan merupakan “kekuatan” (power). Pendapat tersebut benar dalam kerangka berfikir bahwa agar menjadi sebuah kekuatan, sumber daya manusia harus ditingkatkan kualitas dan kompetensinya. Pemahaman atas konsep ini memang masih rancu dan pendapat yang berbeda masih sering terdengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk spiritualitas sumber daya manusia di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara mendalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah pengumpulan data, reduksi data, klasifikasi data, penyajian data, dan terakhir penarik kesimpulan. Dari penelitian ini, diperoleh bahwa bentuk spiritualitas sumber daya manusia di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lamongan adalah: Sholat Dhuha, Tadarus Al-Quran selama Bulan Ramadhan, Zakat setiap satu bulan sekali, Sholat Dzuhur, Sholat Asyar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Siti, Rizki Hajah MasithohRizkihajahms@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sumber Daya Manusia
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas; sumber daya manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Rizki Hajah Masithoh
Date Deposited: 14 Aug 2018 03:25
Last Modified: 14 Aug 2018 03:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27392

Actions (login required)

View Item View Item