Perencanaan pembangunan desa menurut peraturan menteri dalam negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan desa dalam prespektif fikih siyasah: studi kasus di Desa Sumber Anyar Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo

Shanhaji, Muhammad Syafiq (2018) Perencanaan pembangunan desa menurut peraturan menteri dalam negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan desa dalam prespektif fikih siyasah: studi kasus di Desa Sumber Anyar Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M.Syafiq Shanhaji_C05214003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perencanaan Pembangunan Desa Menurut PERMENDAGRI No 114 tahun 2014 tentang Pembangunan Desa Dalam Prespektif Fikih Siyasah (Studi Kasus di Desa Sumber Anyar Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo)” merupakan hasil penelitian pustaka yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana perencanaan pembangunan desa menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri No 14 tahun 2014 Tentang Pembangunan Desa serta menjawab perencanaan pembangunan desa dalam prespektif Fikih Siyasah. Data penelitian dihimpun melalui metode library Reseearch dan dokumentasi. dianalisis dengan teknik deskriptif analitis dengan pola pikir deduktif. Penelitian ini berisi tentang penjelasan terkait perencanaan pembangunan desa menurut PERMENDAGRI No 114 tahun 2014 tentang Pembangunan Desa serta perencanaan pembangunan desa sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) Desa Sumber Anyar Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. Dan juga berisi penjelasan terkait perencanaan pembangunan desa dalam Presprektif Fikih Siyasah. Hasil penelitian menjelaskan bahwasannya perencanaan pembangunan desa yang dilakukan di Desa Sumber Anyar Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo secara sistematika perumusan dan pembuatan perencanaan pembangunan desa sudah sesuai dengan aturan sistematika perencanaan pembangunan desa dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 114 tahun 2014 tentang Pemmbangunan Desa, akan tetapi secara substansi perencanaan pembangunan di Desa Sumber Anyar Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo masih jauh dari harapan dan cita-cita akan perencanaan pembangunan yang maju. Sedangkan dalam konteks Fikih Siyasah pembangunan desa mempunyai beberapa prinsip dan tujuan yang pada intinya pembangunan harus mementingkan kemasalahatan umum dan meningkat kesejahteraan masyarakat dan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Penulis mengharapkan untuk kedepannya perencanaan pembangunan desa menjadi lebih baik dengan disesuaikan akan keperluan dan kemasahalatan masyarakat yang bertujuan untuk berkembangnya masyarakat pedesaan dan tidak terjadinya kesenjangan antara masyarakat desa dan masyarakat kota serta pegantasan kemiskinan.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nadhifah, Nurul Asiya
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pembangunan Desa; PERMENDAGRI; Fikih Siyasah
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Shanhaji Muhammad Syafiq
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:47
Last Modified: 15 Aug 2018 02:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27382

Actions (login required)

View Item View Item