Analisis Maslahah Mursalah terhadap Time Value of Money dalam jual beli barang elektronik secara angsuran di Desa Sidorejo Kecamatan Bungah Gresik

Deswanti, Rena (2018) Analisis Maslahah Mursalah terhadap Time Value of Money dalam jual beli barang elektronik secara angsuran di Desa Sidorejo Kecamatan Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rena Deswanti_C92214126.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Sidorejo Kecamatan Bungah Gresik. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu : bagaimana implikasi time value of money dalam jual beli barang elektronik secara angsuran di Desa Sidorejo Kecamatan Bungah Gresik dan bagaimana analisis mas}lah}ah mursalah terhadap time value of money dalam jual beli barang elektronik secara angsuran di Desa Sidorejo Kecamatan Bungah Gresik. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisanya berupa deskriptif-analitis dengan menggunakan pola pikir deduktif untuk menganilisis hukum mas}lah}ah mursalah terhadap implikasi time value of money dalam praktik jual beli barang elektronik secara angsuran di Desa Sidorejo. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli barang elektronik secara angsuran di Desa Sidorejo Kecamatan Bungah ini merupakan transaksi jual beli barang elektronik yang dilaksanakan atas permintaan pembeli kepada penjual dengan pembayaran secara angsuran yang terdapat tambahan harga akibat faktor implikasi konsep time value of money. Adapun dalam Hukum Islam, jual beli yang didalamnya terdapat tambahan harga dikarenakan unsur waktu pembayaran adalah diperbolehkan dan sesuai dengan Alquran. Tambahan keuntungan yang disyaratkan penjual tergantung pada jangka waktu pembayaran yang diminta oleh pembeli bukanlah kategori riba. Sedangkan ditinjau dari sisi mas}lah}ah mursalah, menurut pendapat al-Ghazali, jual beli barang elektronik secara angsuran ini termasuk kategori mas}lah}ah ha>jjiyah dalam hal memberi kemudahan bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan bagi masyarakat Desa Sidorejo khususnya pihak penjual dan pembeli agar lebih memperhatikan prinsip-prinsip dalam jual beli yang telah diatur dalam Islam agar tambahan keuntungan yang telah disepakati pada waktu akad tidak lagi dianggap transaksi yang memberatkan salah satu pihak.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Musyafa'ah, Suqiyah
Uncontrolled Keywords: Time Value Of Money; Jual Beli
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Deswanti Rena
Date Deposited: 14 Aug 2018 07:15
Last Modified: 14 Aug 2018 07:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27377

Actions (login required)

View Item View Item