دراسة مقارنة في الكفاءة التعليمية لمعلم اللغة العربية على أساس التعلم النشط بين المدرسة الثانوية الإسلامية الأهلية دار العلوم وارو و الحكومية بسيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulalah, Noviatin (2018) دراسة مقارنة في الكفاءة التعليمية لمعلم اللغة العربية على أساس التعلم النشط بين المدرسة الثانوية الإسلامية الأهلية دار العلوم وارو و الحكومية بسيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Noviatin Sulalah_D92214073.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah memerlukan kemampuan didaktik guru , terutama dalam pembelajaran aktif , karena dengan adanya guru yang memiliki kemampuan ini siswa dituntut oleh guru untuk selalu belajar dengan aktiv . tetapi banyak kita jumpai guru ketika menyampaikan pelajaran tidak memiliki kemampuan mengajar yang terampil. Kemampuan didaktik ini juga akan menimbulkan adanya interaksi antara guru dengan siswa, dan interaksi antar siswa. Sehingga mereka akan sama-sama belajar untuk aktif dengan adanya interaksi yang sering dilakukan. Guru akan sering melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pemusatan dalam pembelajaran juga sama-sama dilakukan, sehingga materi yang di ajarkan bisa di diskusikan secara bersama-sama, dan isi materipun bisa dipahami oleh keduanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan didaktik guru bahasa arab berbasis Pembelajaran Aktiv ( Active Learning ) antara Madrasah Aliyah Swasta dan Negeri di Sidoarjo. Dan mengetahui perbandingan kemampuan didaktik guru bahasa arab berbasis Pembelajaran Aktiv ( Active Learning ) antara Madrasah Aliyah Swasta Dan Negeri di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methode).Hasil dari peneitian ini menunjukkan bahwa kemampuan didaktik guru bahasa arab berbasis active learning di Madrasah Aliyah Swasta tidak membantu proses pembelajaran di bandingkan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo Pernyataan ini berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakan data dari observasi dan Wawancara. Hal ini dibuktikan dengan rumus prosentase untuk menentukan kevalidan respon siswa terhadap kemampuan didaktik guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulalah, Noviatinvia.sulalah95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Uncontrolled Keywords: Kemampuan didaktik; pembelajaran aktif (active learning)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sulalah Noviatin
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:09
Last Modified: 14 Aug 2018 02:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27368

Actions (login required)

View Item View Item