Profil Literasi Statistika siswa SMP dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikha, Amalia (2018) Profil Literasi Statistika siswa SMP dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Amalia Sholikha_D74213050.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan tujuan pendidikan matematika dan standar kurikulum yang ditetapkan terkait pengetahuan statistika di sekolah yang mengacu Kurikulum 2013, maka salah satu tujuan penting dari pengetahuan statistika di sekolah adalah literasi statistika. Literasi statistika adalah kemampuan siswa untuk memahami. Menginterpretasi, dan mengomunikasikan suatu data atau informasi statistika yang berupa tabel, grafik, atau diagram yang berkaitandengan kehidupan sehari-hari secara lisan atau tulisan. Siswa perlu mempunyai kemampuan membaca dan memahami data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram batang, garis, dan lingkaran untuk dapat menyelesaikan soal Ujian Nasional yang terkait dengan kisi-kisi materi statistika. Kemampuan membaca dan memahami data termasuk dalam literasi statistika. Berdasarkan pemaparan yang ada di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil literasi statistika siswa dalam menyelesaikan soal Ujian Naional Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas IX dari tiga sekolah yang berbeda yaitu, MTsN 1 Surabaya, MTsN 2 Surabaya, dan MTsn 4 Surabaya. Teknik pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan bersifat snowball sampling. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara tes tulis dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan indikator literasi statistika. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi statistika siswa SMP dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional yang memiliki 3 aspek, yaitu subjek mampu mengidentifikasi data atau informasi yang disajikan dengan cara melihat sumber data, membaca data dengan baik serta tidak mengalami kesulitan, mampu menjelaskan data dari informasi yang diberikan meskipun salah satu subjek hanya mampu menjelaskan secara garis besarnya saja, menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang ada dengan membuat perhitungan-perhitungan, menjelaskan bagaimana proses menyelesaikan permasalahan yang ada, dan menyukai penyajian data dalam bentuk diagram batang atau grafik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikha, Amaliaamaliasholikha6@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Literasi Statistika; Ujian Nasional Matematika; Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sholikha Amalia
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:44
Last Modified: 14 Aug 2018 05:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27359

Actions (login required)

View Item View Item